Tips Menjadi Pengusaha Bisnis Online yang Sukses

Pengusaha Bisnis Online

Seiring kemajuan teknologi dan informasi, pilihan menjadi pengusaha online atau menjalankan usaha/bisnis secara online semakin meningkat. Menjadi seorang pengusaha baik itu online maupun offline merupakan pilihan pekerjaan yang penuh tantangan dibandingkan hanya sekedar menjadi pegawai. Oleh karena itu, untuk menjadi pengusaha bisnis online diperlukan beberapa modal dasar agar sukses.

Usaha Bisnis Online

Saat ini bisnis online semakin diminati banyak orang dibandingkan dengan bisnis konvensional atau tatap muka secara langsung. Terlebih dalam dunia e-commerce atau bisnis online telah terbukti mendukung pengusaha untuk tetap dapat berhubungan dengan calon pembeli.

Bisnis online membuat penjual tidak perlu repot menjajakan produk ke luar karena menjual produk bisa dilakukan dengan hanya di rumah saja atau di mana saja. Bagi pembeli pun lebih suka karena prosesnya lebih mudah, tanpa harus keluar rumah.

Selain itu, melakukan bisnis online memungkinkan mendapat keuntungan walau dengan modal kecil, misalnya menjadi reseller, karena bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan tidak terbatas. Oleh karena itu, tidak heran banyak orang, terlebih para kaum milenial, tertarik untuk mulai terjun ke bisnis online, .

Ide Kreatif Meningkatkan Penjualan Online

Bisnis online telah terbukti menjadi solusi disaat pandemi Covid-19 melanda dunia dimana para pedagang masih bisa tetap eksis. Meskipun semua orang bisa melakukan bisnis online dan memiliki peluang untuk sukses, namun layaknya usaha pada umumnya, dibutuhkan kemauan, kreativitas dan kegigihan dalam menjalankan usahanya.

Menurut androidponsel.com, di zaman dunia digital ini ide kreatif diperlukan untuk dapat meningkatkan penjualan karena sebagian besar orang telah memiliki jaringan internet. Dengan segala platform media sosial yang ada, peluang menjadi pebisnis online terbuka lebar.

Beberapa ide kreatif untuk meningkatkan penjualan online, antara lain:

  1. Review Produk di TikTok, Instagram dan Youtube. Sosial media seperti TikTok, Instagram, Youtube dan lain sebagainya bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan atau promosi produk.
  2. Membuat Give Away di Sosial Media. Give Away merupakan salah satu ide kreatif untuk meningkatkan penjualan sekaligus untuk meningkatkan followers produk.
  3. Menggunakan Instagram Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, Google Ads. Cara meningkatkan penjualan online selanjutnya adalah menggunakan jaringan iklan dari Instagram, FB, TikTok dan Google.
  4. Membuat Promo-Promo Dengan Nama yang Unik. Gunakan nama unik untuk membuat promosi, hal ini bertujuan agar promo tersebut mudah di ingat oleh calon pembeli.
  5. Jadi Sponsor Organisasi Sosial. Men-sponsori kegiatan organisasi dapat meningkatkan penjualan. Selain dapat keberkahan, hal ini juga bisa menjadi target promosi yang menarik.
  6. Mengadakan Perlombaan Game. Perlombaan game bukan hal yang asing lagi untuk saat ini. Menjamurnya game-game online tidak selamanya berdampak buruk, jika Sobat berpandang dari sisi positif.
  7. Membuat Website Bisnis. Membuat website dengan nama domain brand akan membuat brand lebih profesional dan terpercaya. Saat ini banyak sekali penyedia domain dan hosting murah yang bisa dimanfaatkan.
  8. Membuat LinkTree. Linktree sendiri merupakan landing page berisi short link yang bertujuan untuk mengarahkan langsung platform penjualan kepada calon konsumen. Short Link Linktree juga membuat pembeli akan mudah menemukan produk yang sobat jual.
  9. Jual di Marketplace E-Commerce. Adanya e-commerce ini merupakan peluang yang sangat baik bagi para pengusaha yang ingin lebih meningkatkan penjualannya. Umumnya orang saat ini lebih suka berbelanja secara online ketimbang datang langsung ke toko.
  10. Menyediakan Voucher. Masih menyambung dari ide untuk menjual di marketplace, bisa menyisipkan voucher-voucher menarik di deskripsi produk. Misalnya saja, membuat voucher gratis ongkir, atau voucher potongan harga.
  11. Pantau Kompetitor. Memang menjadi hal yang wajib untuk memantau pesaing atau kompetitor. Hal ini bukan tanpa alasan, karena untuk mengetahui ide-ide apa yang sedang mereka kembangkan, melihat harga produk, juga melihat strategi penjualan mereka.
  12. Menawarkan Sampel Produk. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita semua menyukai barang-barang gratis. Nah, menawarkan sampel produk merupakan salah satu ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang juga sering diadopsi oleh brand-brand ternama.
  13. Kolaborasi Produk. Jika kalian memiliki partner bisnis yang pasarnya cukup luas dan penjualannya cukup bagus, maka tidak ada salahnya untuk mengajak berkolaborasi. Hal ini bisa menjadi win-win solution karena akan menguntungkan kedua belah pihak.
  14. Melakukan Inovasi. Banyak sekali pengusaha sukses yang bilang bahwa inovasi merupakan poin penting yang wajib setiap pengusaha terapkan. Di jaman yang serba cepat ini, jika tidak melakukan inovasi cepat atau lambat akan kalah saing.
  15. Ramah Terhadap Pelanggan. Seperti kata Jack Ma, suksesnya produk juga ditentukan dengan pelayanannya. Semakin baik pelayanan, maka para pelanggan juga akan semakin nyaman untuk berkunjung lagi ke depannya. Sebisa mungkin untuk ramah terhadap pelanggan agar mereka merasa dilayani dengan baik.

Modal Pengusaha Sukses

Meskipun ada stigma di masyarakat bahwa untuk menjadi pengusaha sukses membutuhkan modal besar atau berasal dari keluarga dengan latar belakang pengusaha juga, hal itu tidak sepenuhnya benar. Untuk menjadi pengusaha sukses baik itu usaha online maupun offline, ada modal dasar yang harus dipenuhi dalam menjalankan usaha yang ditekuni. Apakah itu?

1. Mental Baja

Banyak pengusaha yang sukses mempunyai mental baja. Mental merupakan sikap yang ada di dalam seseorang yang harus dikembangkan setiap hari. Jika mau menjadi pengusaha yang sukses jangan pernah ada kata takut dan minder ketika banyak orang yang mulai mengolok-olok karena baru saja memulai usaha.

2. Pantang Menyerah

Mental baja saja tidak cukup, harus diimbangi dengan pantang menyerah. Mencoba dan coba lagi adalah kriteria pengusaha sukses. Mencoba tidak hanya dilakukan hanya dalam satu kali maupun dua kali saja. Pengusaha sukses pasti sering melakukan kegagalan atau kesalahan bahkan sampai ke 8-9 kali kegagalan baru bisa meraih sukses.

3. Berani Mengambil Resiko

Menjadi seorang pengusaha harus memiliki keberanian dalam mengambil resiko yang akan datang. Setiap usaha pasti akan mengalami pasang surut, sebagai pengusaha harus benar-benar siap dengan resiko gagal. Jika kita tidak berani untuk gagal maka modal dasar untuk menjadi pengusaha belum terbentuk dalam diri seseorang dengan baik. Resiko kehilangan harta dan memulai lagi dari nol merupakan hal yang harus dihadapi jika ingin menjadi seorang pengusaha yang tangguh.

4. Disiplin 

Salah satu hal yang sangat berat yang akan dihadapi olah seorang pengusaha adalah disiplin. Disiplin adalah hal dasar dari tindakan untuk mematuhi segala aturan yang ada baik itu yang telah dibuat maupun peraturan yang telah ada serta budaya kerja yang berlaku. Kedisiplinan itu adalah hal yang sangat mendasar untuk menjadikan pengusaha yang lebih baik.

5. Konsisten

Disiplin harus dibarengi dengan konsisten, terutama saat baru memulai usaha. Banyak pengusaha baru lebih semangat dan disiplin ketika baru memulai usaha namun jika sudah berjalan untuk beberapa bulan lambat laun mereka akan mengalami sifat kebosanan dan malas dalam menjalankan usahanya.

Masih banyak faktor pendukung lainnya untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Namun, setidaknya modal dasar di atas harus dimiliki seseorang jika ingin menjadi pengusaha bisnis online maupun bisnis offline.

 

Tips Menjadi Pengusaha Bisnis Online yang Sukses

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *