Sewa Container Reefer? Pahami Secara Lengkap Cara Kerjanya

Pahami Sewa Container Reefer

Ketika membahas mengenai muatan kargo, tidak jarang berkaitan dengan sewa container reefer. Istilah reefer sebenarnya merupakan bentuk pendek dari refrigerated container, Anda dapat menyebutnya kontainer berpendingin.

Secara sederhana, konsep kerjanya mirip dengan kulkas atau freezer. Melalui suhu dingin, produk yang termuat di dalamnya akan terjaga untuk tetap segar. Umumnya, produk ini berupa bunga segar, buah, daging, susu, sayuran, obat hingga bahan kimia.

Peti kemas ini dapat menjaga suhu tetap stabil sehingga mampu mengendalikan kelembaban. Kemudian juga menghadirkan aliran udara yang baik. Kontrol tersebut mampu mencegah produk mengalami kerusakan akibat paparan suhu panas dari luar.

Sebelum Sewa Container Reefer, Pahami Cara Kerjanya

Container reefer menawarkan pendingin di dalamnya. Sehingga, sudah pasti memiliki cara kerja berbeda dengan jenis lainnya yang tidak mempunyai pendingin. Hal ini didasari perbedaan sistem dan teknologi di dalamnya.

Pada intinya, cara kerja dari sewa container reefer adalah mendinginkan udara di dalamnya untuk menjaga suhu sesuai dengan keperluan. Jadi kurang lebih mirip dengan proses kerja dari suatu kulkas atau freezer.

Daya listrik yang diperlukan untuk memelihara udara diperoleh dari generator eksternal. Umumnya generator ini sudah di tujukan untuk memenuhi keperluan listrik kontainer reefer ketika dalam perjalanan di atas kapal, kereta api maupun truk.

Cara kerjanya mirip dengan kulkas, udara di luar akan terserap masuk ke dalam kontainer terlebih dahulu. Udara tersebut akan mengalir masuk dengan lancar melalui lubang ventilasi yang tersedia.

Lantas, temperatur udara yang masuk akan diturunkan. Temperatur tersebut dapat diubah sebab adanya kumparan evaporator yang tersedia di bagian alat pendingin container. Jadi, ada sejumlah komponen dalam mesin pendingin.

Selanjutnya, udara yang sudah mengalami pendinginan akan berpindah tempat. Perpindahan tempat udara dingin ini melewati jalan yang tersedia di bawah kontainer tersebut.

Tahap paling akhir dari sistem pendinginan container reefer ialah udara dingin melewati muatan kargo di dalam kontainer. Lantas akan terus mengalir hingga mencapai bagian atas kontainer.

Produk di dalam kontainer perlu ditata dengan pertimbangan. Sehingga udara dingin akan mengalir dengan lancar dan mampu menjaga produk tetap segar.

Memelihara muatan kargo supaya terjaga kesegarannya saat berada dalam perjalanan adalah tujuan utama dari sewa container reefer. Kontainer jenis ini juga dapat dimanfaatkan untuk mendinginkan keperluan restoran atau laboratorium secara instan.

Kapasitas Container Reefer dalam Menampung Kargo

Terdapat sejumlah jenis produk yang membutuhkan pemeliharaan suhu. Sehingga apabila dikirim menggunakan kontainer sangat perlu untuk menjaga suhunya agar tetap stabil. Cara paling disarankan ialah mengandalkan container reefer.

Transportasi yang dapat menyediakan suhu stabil memungkinkan produk untuk dikirim ke berbagai daerah. Lantas bisa diekspor ke berbagai negara dunia. Sehingga mampu memenuhi permintaan negara lain atas produk terkait.

Meskipun sewa container reefer menyediakan beberapa pilihan ukuran, secara umum container reefer mampu memuat beban dengan berat kurang lebih 27 ton. Sementara dari segi volume ialah 28m2.

Banyaknya produk yang dapat dimuat kontainer ditentukan berdasarkan jenis produk. Jadi, tidak dapat diperkirakan secara umum berapa jumlah produk yang dapat dimuat.

Sebelumnya telah membahas bahwa sewa container reefer mempunyai cara kerja khusus untuk memelihara suhu. Adanya peralatan pendingin membuat ruang penyimpanan sedikit lebih sempit daripada jenis kontainer lainnya.

Panjang container reefer umumnya berkisar antara 20 kaki sampai 40 kaki. Anda dapat memperkirakan jenis dan ukuran produk untuk memperoleh kapasitas kontainer yang tepat.

Anda juga perlu memperkirakan ruang yang diperlukan produk agar tetap aman selama dalam perjalanan. Setelah menghitung semuanya, kemudian dapat membandingkannya dengan volume dan dimensi container reefer.

Kontainer yang memuat sistem pendingin tentu mempunyai sejumlah perbedaan dengan kontainer jenis lainnya. Perlu mengetahui cara kerjanya terlebih dahulu sehingga mampu mengoptimalkan penggunaan sewa container reefer untuk mengirim kargo.

 

Pahami Sewa Container Reefer Secara Lengkap Cara Kerjanya

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.