Pengertian Paket Internet Berbasis Kuota

Paket Internet Berbasis Kuota

Saat ini internet terus bergulir sehingga mulai dirasakan sebagai suatu kebutuhan pokok untuk memperoleh informasi yang baru dan lengkap. Banyak orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa terdorong untuk mengakses internet untuk bermacam-macam keperluan mereka. Hal ini menjadi penyebab membanjirnya penjualan data internet dengan harga paket internet yang bermacam-macam juga.

Banyak paket internet berbasis kuota ditawarkan oleh perusahaan operator seluler. Pasalnya internet berbasis kuota sangat cocok da diminati oleh masyarakat yang memiliki beragam kepentingan yang berkaitan dengan penggunaan internet.

Pengertian kuota secara umum adalah batasan, jatah, atau jumlah yang ditentukan. Dengan demikian pengguna kartu seluler akan dapat memilih paket berdasarkan kuota kebutuhannya saja tanpa harus membeli harga paket internet yang tidak sesuai atau nantinya bisa menjadi mubazir.

Paket Internet Berbasis Kuota

Pengertian paket internet berbasis kuota adalah penawaran layanan internet berbasis volume yang dapat diakses melalui jaringan operator seluler yang menawarkan paket tersebut dengan berbagai pilihan kuota yang berbeda untuk masing-masing produk.

Baca juga:  Produk Sabun Transparan ADEV Natural Indonesia

Berikut ini beberapa istilah umum yang digunakan oleh provider untuk membedakan arti kuota dalam paket internet yang ditawarkan. Nantinya agar pengguna akan mengetahui apa yang dimaksud dengan kuota internet tersebut.

  • Paket Kuota Utama. Dalam paket ini yaitu kuota internet yang ada dapat dipakai untuk apa saja.
  • Paket Kuota Reguler. Kuota internet dalam paket ini dapat dipakai untuk akses internet apa saja dan pada jam berapa saja, seperti pada paket kuota utama.
  • Paket Kuota Bonus. Paket ini merupakan kuota tambahan yang diberikan dan dapat digunakan dengan syarat-syarat tertentu.
  • Paket Kuota Malam. Sesuai dengan namanya, paket kuota ini hanya dapat dipakai pada malam hari saja, tergantung penetapan provider dalam memberlakukan jam malamnya, misalkan dari pukul 00:00 hingga 06.00.
  • Paket Kuota download. Paket internet dengan kuota ini hanya dapat dipakai untuk men-donwload file di internet.
  • Paket Kuota Streaming. Paket ini dipakai untuk melihat video streaming yang disediakan oleh provider.
  • Kuota 4G. Paket kuota internet ini hanya bisa dipakai pada jaringan yang sudah menggunakan 4G. Jika tidak maka akan dikenakan tarif yang normal.
  • Paket Kuota Internet Unlimited. Paket internet unimited atau kuota tanpa batas ini dapat digunakan tanpa batas dalam pemakaian yang wajar. Meskipun tanpa batas, namun kecepatan akan menurun jika telah memenuhi limit pemakaian yang telah ditentukan oleh provider.
  • Paket Kuota Internet Lokal. Paket penjualan kuota internet lokal ini hanya dapat digunakan sesuai dengan daerah dimana paket tersebut dibeli. Masing-masing daerah bisa memiliki harga yang berbeda.
Baca juga:  Nomor Call Center Indosat Ooredoo 24 Jam

Terkadang dalam pembelian paket internet, tersedia bermacam-macam kuota. Namun kuota tersebut hanya berlaku sesuai jenisnya. Misalkan kuota malam akan berfungsi pada malam hari untuk menggantikan kuota utama, sehingga kuota utama tidak berkurang.

Dengan adanya paket internet berbasis kuota ini bisa saja menjadi murah untuk sebagian penggunanya. Misalkan yang senang mengunduh file tentu akan mendapatkan harga internet yang murah dibandingkan jika menggunakan kuota utama atau reguler. Atau pekerja malam hari tentu akan dapat menikmati harga internet yang murah jika memiliki paket kuota malam.

Tips Membeli Paket Internet

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa masing-masing orang memiliki kebutuhan dalam menggunakan internet. Oleh karena itu, pilih kuota internet sesuai dengan kebutuhan yang berbeda-beda tersebut. Misalkan internet hanya dipakai untuk media sosial dan chatting, maka membeli paket data yang sebesar 1 GB sampai 2 GB sudah cukup. Namun jika senang men-download file, melakukan streaming video, nonton film, tentunya harus memilih paket data yang lebih besar atau memilih kuota streaming.

Baca juga:  Pengertian Kawasan Perdagangan Bebas Indonesia

 

Pengertian Paket Internet Berbasis Kuota

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *