Melakukan Pengelolaan Kinerja dengan Competency Management LinovHR

Competency Management

Kinerja karyawan akan mempengaruhi operasional perusahaan secara keseluruhan. Untuk itulah diperlukan assessment atau penilaian kinerja yang dapat mengukur seberapa baik kinerja seorang karyawan. Akan tetapi, cara manual dalam assessment kinerja tidaklah efektif dan efisien. Karena alasan ini, banyak perusahaan mulai menggunakan aplikasi competency management dari LinovHR.

Aplikasi Competency Management LinovHR

Competency management adalah sebuah sistem yang dapat mengelola kinerja karyawan secara keseluruhan. Maka jika ditemukan penurunan kinerja, HRD dapat mengidentifikasi cara meningkatkan kompetensi dari berbagai metode. Diharapkan dengan begitu kinerja dan kompetensi karyawan dapat meningkat lebih baik.

Tak hanya itu, competency management juga digunakan untuk membuka jenjang karir karyawan. Umumnya karyawan yang memiliki performa baik akan berpotensi naik jabatan dibandingkan rekannya yang memiliki kinerja biasa saja. Oleh karenanya, HRD melakukan beberapa penilaian apakah kompetensi yang dimiliki karyawan kandidat sudah sesuai dengan jabatan atau posisi yang hendak diisi.

Baca juga:  Aspek-aspek Pengembangan Agroindustri

Competency management dari LinovHR dapat membantu perusahaan dan HRD dapat memaksimalkan pengelolaan kompetensi karyawan.

Menyusun List Kompetensi

Yang dimaksud kompetensi adalah sikap dan pola perilaku yang dicerminkan seseorang. Kompetensi ini muncul sejak tiap individu lahir. Namun kompetensi juga dapat dikembangkan. HRD bisa membuat list kompetensi karyawan yang dibutuhkan perusahaan agar semua operasional tiap lini berjalan lancar.

Menambahkan Detail untuk Setiap Kompetensi

Setiap jabatan dan posisi memiliki kompetensi yang beragam. Contohnya, kompetensi untuk customer service pasti berbeda dengan kompetensi untuk programmer full stack.  Kecanggihan competency management dari LinovHR membantu HRD untuk menambahkan detail di setiap kompetensi yang diberlakukan pada setiap pekerjaan.

Mengelompokkan Kompetensi

Suatu perusahaan tidak mungkin hanya terdiri dari satu divisi. Maka dari itulah kompetensi yang dibutuhkan pun sangat banyak. Dengan competency management, HRD lebih gampang mengelompokkan semua kompetensi berdasarkan nilai ini perusahaan, tingkat manajer dan tingkat teknis yang paling rendah di setiap posisi.

Baca juga:  Pimpinan Sama Dengan Coach

Menyelenggarakan Assessment

Assessment atau penilaian merupakan hal terpenting bagi perkembangan karyawan dan perusahaan. Dari assessment lah HRD dapat memahami bagaimana kondisi performa karyawan terkini. Hasil dari assessment yang dilalui karyawan dapat digunakan sebagai landasan perancangan pengembangan dan pelatihan yang lebih efektif. 

Baca juga: Manfaat Assesment Kompetensi Bagi HRD

Melakukan Analisis Kesenjangan Kompetensi

Analisis kesenjangan kompetensi berguna sebagai media untuk mencari tahu bagaimana kondisi kompetensi karyawan dengan keburukan perusahaan. HRD bisa menganalisis kesenjangan kompetensi karyawan demi pengembangan kompetensi lebih lanjut. Sehingga pembelajaran dan pengembangan kinerja yang berkelanjutan bisa terwujud.

LinovHR telah membantu banyak client dari berbagai industri. Karena itu juga pengalaman LinovHR patut diacungi jempol dalam mensukseskan pengelolaan SDM. Semua kerahasiaan dan keamanan informasi karyawan yang digunakan dalam pengelolaan kompetensi dijamin oleh LinovHR, Jadi, tak perlu ragu untuk mempercayakan pengelolaan kinerja bersama LInovHR!

Baca juga:  Untuk Merawat Rack Server, Ingat 4 Hal Ini

 

Aplikasi Competency Management LinovHR

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *