Penjelasan Mengenai 5 Rukun Islam

Penjelasan Mengenai 5 Rukun Islam

Setiap agama pasti memiliki pondasi bagi setiap umatnya dalam menjalankan kehidupan. Pondasi tersebut berguna sebagai tanda atau bukti bahwa seseorang merupakan umat dari agama tersebut.

Termasuk agama Islam yang memiliki lima dasar yang digunakan sebagai pondasi dalam menjalankan kehidupan setiap muslim. Lima dasar tersebut dikenal sebagai 5 rukun Islam yang merupakan dasar dan prinsip yang harus dilakukan oleh setiap muslim.

Penjelasan Singkat 5 Rukun Islam

Berikut adalah penjelasan dari 5 rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap muslim :

1. Syahadat

Dua kalimat syahadat adalah dua kalimat yang menjadi wujud kesaksian bahwa seseorang telah menyatakan dengan mantap sebagai seorang muslim.

2. Shalat

Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat, maka seorang muslim harus menjalankan kewajiban selanjutnya yaitu menunaikan shalat. Shalat sendiri terdapat lima shalat fardhu atau yang wajib dilakukan setiap harinya. Selain itu, ada juga berbagai shalat sunnah yang jika dilakukan akan mendapatkan pahala. Shalat wajib untuk dilakukan dalam keadaan apa pun selama memenuhi syarat sah shalat.

Kanal Pengetahuan

3. Puasa

Puasa juga merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim. Puasa yang wajib dilaksanakan adalah puasa selama bulan Ramadhan. Puasa merupakan ibadah berupa menahan hawa nafsu, terutama makan dan minum dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. Selain puasa wajib di bulan Ramadhan, umat Islam juga bisa melaksanakan beberapa puasa sunnah, salah satunya puasa Senin-Kamis.

4. Zakat

Setiap harta benda merupakan rezeki yang diberikan oleh Allah kepada kita. Tetapi, harta bendar tersebut juga merupakan hak milik orang lain. Jadi, setiap muslim bisa menunaikan zakat dengan cara memberikan sebagian harta bendanya kepada orang lain sesuai dengan ketentuan yang ada.

5. Haji

Haji merupakan ibadah dengan melakukan beberapa kegiatan di Kota Mekkah dan Madinah. Untuk itu, biaya yang diperlukan tidaklah sedikit. Meskipun termasuk rukun Islam, tetapi untuk haji ini hanya akan menjadi wajib bagi orang yang mampu melaksanakannya.

Setelah mengetahui penjelasan dari 5 rukun Islam di atas, maka kita harus menanamkan dan mengamalkan kelima rukun Islam tersebut. Kelima dasar tersebut juga sebagai bukti bahwa ia termasuk sebagai orang muslim.

Sumber: https://islamexplored.org/the-five-pillars-of-islam/

 

Penjelasan Mengenai 5 Rukun Islam

Kanal
loading...

You May Also Like

Tentang : Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *