Scale Up untuk Bisnis Startup

Scale Up untuk Bisnis Startup

Pengertian Scale Up secara umum adalah usaha untuk meningkatkan sesuatu. Dengan demikian scale up untuk bisnis startup adalah suatu usaha untuk meningkatkan atau membuat suatu perusahaan startup kecil menjadi lebih besar. Mengapa suatu bisnis harus melakukan scale up. Dan bagaimana cara scale up untuk startup? Simak ulasan dan tips scale up dalam ulasan ini.

Scale Up Bisnis Startup

Semua pebisnis tentu ingin bisnisnya berkembang dan maju sekaligus mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin. Namun untuk memperoleh keinginan tersebut bukan sesuatu yang mudah karena membutuhkan usaha dan proses kerja yang ekstra keras. Salah satunya dengan melakukan scale up.

Mengapa harus melakukan scale up?

Jika kita mulai berbisnis, maka kita akan mempunyai kompetitor. Dan jika kompetitor berhasil melakukan scale up (peningkatan) bisnisnya, maka pasar akan dapat dikuasai oleh mereka dengan baik, karena sumber daya dan pengelolaan bisnisnya lebih baik dari kita.

Scale up diperlukan untuk mengembangkan bisnis karena perkembangan peradaban, ilmu pengetahuan dan teknologi juga berkembang yang juga memiliki pengaruh besar pada bisnis. Manajemen, SDM, produk bisnis akan selalu mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga:  Modal Minimal, Bisa Raih Hasil Bulanan Maksimal

Pemilik bisnis atau perusahaan yang tidak melakukan scale up tentu akan mengalami penyempitan pasar karena tidak berkembang atau tertinggal zaman. Terlebih untuk bisnis startup dimana identik dengan berbasis teknologi serta pada dasarnya perusahaan startup merupakan perusahaan yang dibuat dengan suatu bisnis yang memang belum teruji.

Cara Tepat Scale Up untuk Bisnis Startup

Secara umum, scale up untuk startup dilakukan untuk membuat suatu perusahaan startup menjadi lebih besar, dengan suatu sistem yang lebih baik sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.

Nah, ketika sebuah startup mencanangkan ingin scale up, maka harus mempertimbangkan berbagai hal cara-cara strategis apa yang harus ditempuh. Berikut beberapa cara scale up untuk bisnis startup agar bisa semakin berkembang yang dikutip dari laman startupstudio.id.

1. Tim yang Solid 

Sumber daya manusia (SDM) memiliki peran utama dalam sebuah perusahaan startup. Untuk itu diperlukan satu tim solid yang memiliki kompeten dan ahli di bidangnya masing-masing agar startup dapat tumbuh berkembang. Selain itu, tim juga harus lincah, tanggap dan mampu membuat keputusan serta menyelesaikan suatu permasalahan dengan mumpuni.

Baca juga:  Leasing Paling Murah untuk Kredit Mobil, Ini Rekomendasinya

Sebesar apa pun sebuah bisnis apabila tidak mempunyai sebuah tim yang solid dengan individu-individu yang memiliki SDM serta bisa bekerja dengan baik, maka dapat menggerogoti eksistensi bisnis startup itu sendiri.

2. Kolaborasi

Dalam menjalankan sebuah bisnis startup tentu akan bertemu banyak orang baik itu secara offline maupun online. Jika menjalin hubungan baik dengan mereka, maka mereka berpotensi menjadi mitra bisnis di masa akan datang.

Bagaimanapun juga, relasi bisnis sangat penting untuk keberlangsungan dan pertumbuhan sebuah bisnis, termasuk startup. Dan sangat tidak disarankan untuk mengeksklusifkan startup sendiri, karena bisa menyebabkan ruang lingkup menjadi terbatas.

3. Kenali Pasar dan Masalahnya

Pasar atau konsumen merupakan sasaran akhir dari produk yang dipasarkan. Oleh karena itu mengenal dan mengikuti apa yang sedang dibutuhkan dan diinginkan oleh pasar atau target konsumen harus diketahui oleh founder dan tim.

Untuk itu, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menganalisa dan memvalidasi data-data terhadap masalah yang terjadi di lapangan untuk memperoleh wawasan yang mengarah pada pengambilan keputusan dan
strategi bisnis yang lebih baik. Selain itu, berdasarkan data bisa membuat produk yang benar-benar dibutuhkan oleh pasar, sehingga dapat mendapatkan keuntungan yang besar.

Baca juga:  Strategi Jualan di Instagram Untuk Pemula

4. Bangun Personal Branding

Membangun personal branding tidak boleh diacuhkan dalam melakukan scale up untuk bisnis startup. Personal branding yang positif akan dapat membuat sebuah pengalaman lebih baik dan berharga bagi konsumen dalam menggunakan produk yang dipasarkan.

Personal branding adalah upaya sadar dan disengaja untuk menciptakan dan mempengaruhi persepsi publik tentang individu dengan memposisikan mereka sebagai otoritas dalam industri mereka, meningkatkan kredibilitas mereka, dan membedakan diri mereka dari kompetisi, untuk akhirnya memajukan karir mereka, meningkatkan lingkaran pengaruh mereka, dan memiliki dampak yang lebih besar. Maka dari itu, sangatlah penting untuk membangun personal branding yang baik di depan konsumen.

Sudah siapkah startup Anda melakukan scale up?

 

Scale Up untuk Bisnis Startup

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *