Strategi Menyiasati Disrupsi Digital

Strategi Menyiasati Disrupsi Digital

Pengertian disrupsi (disruption) secara umum adalah perubahan yang menggantikan cara lama dengan cara baru. Jika disrupsi dilakukan dengan inovasi dan dinamis, maka hal itu dapat dianggap sebagai sesuatu yang positif.

Dunia saat ini telah masuk ke era baru yaitu disrupsi yang disebabkan pengaruh besar teknologi. Disrupsi akibat teknologi yang semakin maju dan terus berkembang semakin memudahkan kehidupan manusia.

Disrupsi Teknologi Digital

Berkembangnya teknologi sekarang ini sudah masuk dalam disrupsi teknologi karena teknologi digital semakin mengubah tatanan hidup manusia.

Perubahan yang terus terjadi sekarang ini didorong oleh inovasi dalam sains dan teknologi yang semakin hari semakin berkembang dan terus berubah.

Salah satunya adalah tercipta dunia baru berupa digital marketplace yaitu sebuah wadah pertemuan pembeli dengan penjual untuk meraup keuntungan melalui alat digital atau internet. Tips Belanja Online Lewat Internet

Tentu saja ini merupakan berita baik bagi konsumen karena kekuasaan menjadi berada di tangan mereka dan ini sudah terjadi. Karena kekuasaan berpindah ke tangan pelanggan, maka sejumlah tantangan akan muncul.

Kanal Pengetahuan

Di antaranya pelanggan dapat berkomunikasi dan berinteraksi melalui sejumlah jalur yang berbeda, penyesuaian (customizing) produk dan jasa mengaplikasikan feedback pelanggan dalam desain produk, mengatasi pelanggan dan membandingkan harga secara global, menyediakan jasa digital add-on berurusan dengan pengaruh langsung pada opini pasar dari seluruh dunia, di mana pun dan kapan pun.

Demikian juga dengan kemajuan informasi dan komunikasi melalui internet yang menandakan bahwa manusia telah berada pada era informasi.

Kebutuhan informasi saat ini pun terjamin. Penyedia informasi sekarang ini sangatlah banyak aplikasi-aplikasi yang bermunculan juga mempermudah kehidupan manusia.

Dengan demikian, perubahan telah menjadikan dunia semakin dekat. Hanya tinggal memencet layar sentuh telepon genggam, setiap kebutuhan segera hadir.

Tren digitalisasi semakin canggih dan tak terbendung. Beberapa langkah pendukung terpenting dalam menangani sebuah disruption ialah dengan menerimanya.

Sejumlah perusahaan memberikan investasi lebih banyak untuk perkembangan teknologi, salah satunya dengan meningkatkan infrastruktur digital perusahaan tersebut.

Siapa yang memiliki inovasi baru dan itu memudahkan pekerjaan manusia akan memenangkan pasar.

Setiap manusia harus siap menghadapi perubahan zaman agar tidak ketinggalan kereta. Pertanyaannya, siapkah kita menyambut gelombang digitalisasi yang semakin deras dan sulit dibendung?

Marilah menyiapkan diri agar mampu menjemput dinamika yang terkandung di dalam perubahan atau disrupsi teknologi.

 

Strategi Menyiasati Disrupsi Teknologi

Loading...

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *