5 Contoh Customer Relationship Management untuk Kepuasan Pelanggan

Customer Relationship Management

Dalam sebuah bisnis, perusahaan tidak hanya perlu mengumpulkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Namun, perusahaan juga perlu menjaga kepuasan pelanggan bahkan setelah transaksi selesai. Oleh karena itu, customer relationship management sangat penting dalam sebuah perusahaan.

Customer relationship management merupakan sebuah metode yang dapat mengembangkan bisnis Anda. Dengan CRM, perusahaan mampu menjaga hubungan baik dengan pelanggan lama sehingga kepuasan pelanggan meningkat.

Artikel berikut akan mengulas contoh-contoh customer relationship management untuk membantu perusahaan Anda menjalin hubungan lebih baik dengan pelanggan. Mari simak artikel berikut bersama-sama.

Apa Itu Customer Relationship Management?

Customer Relationship Management atau biasa disingkat menjadi CRM adalah metode yang diterapkan oleh perusahaan dalam bisnis untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. CRM sudah banyak diterapkan oleh perusahaan besar dalam proses transaksi pelanggan agar dapat meningkatkan kepuasaan pelanggan dan mengembangkan bisnis perusahaan

Misalnya, customer relationship management dalam sebuah perusahaan jasa mampu mengumpulkan data pelanggan, riwayat pemesanan, hingga layanan yang diminati oleh pelanggan sehingga mampu membuat laporan komprehensif terkait perilaku dan kebutuhan pelanggan. Data inilah yang akan digunakan untuk meningkatkan pemesanan dan mengembangkan bisnis perusahaan.

Untuk menjalin hubungan dengan pelanggan, perusahaan tidak dapat melakukannya secara manual karena pelanggan dan pemesanan yang banyak setiap harinya. Oleh karena itu, CRM berfungsi agar perusahaan dapat lebih mudah menjalin hubungan dengan pelanggan.

Pentingnya CRM dalam Bisnis

Setelah memahami apa itu CRM, berikut adalah 3 hal yang menunjukkan mengapa CRM itu penting dalam sebuah bisnis.

1. Mampu Meningkatkan Customer Experience

Customer Relationship Management penting untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Lewat interaksi antara perusahaan dengan pelanggan, pelanggan akan merasakan berbagai keuntungan, seperti konten yang bermanfaat untuknya, pelayanan yang memuaskan, solusi yang menjawab permasalahan pelanggan, dan lain-lain.

2. Mampu Meningkatkan Retensi Pelanggan

Dengan keuntungan yang dirasakan oleh pelanggan, pelanggan akan terus menggunakan produk Anda hingga mereka memutuskan menjadi pelanggan setia dengan mengikuti program loyalty atau membership yang disediakan oleh perusahaan. Selain itu, mereka juga bisa mempromosikan produk Anda pada orang di sekitarnya dengan melakukan referral.

3. Mampu Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan juga merupakan hal penting dalam sebuah bisnis. Dengan CRM, Anda mampu menindaklanjuti dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, CRM juga perlu menyediakan layanan yang solutif ketika pelanggan menemukan kendala dengan produknya.

5 Contoh Customer Relationship Management

Setelah memahami pentingnya Customer Relationship Management, berikut adalah 5 contoh CRM yang dapat Anda implementasikan dalam bisnis Anda.

Live Streaming bersama Pelanggan di Media Sosial

Belakangan ini, live streaming menjadi salah satu contoh CRM yang diminati oleh berbagai perusahaan. Dengan live streaming di marketplace bisnis Anda, pelanggan dapat menjalin interaksi dengan perusahaan dan melakukan tanya-jawab terkait produk, pelanggan dapat menginformasikan masalahnya serta memberikan solusi pada pelanggan.

Dengan live streaming bersama pelanggan, Anda dapat membangun rasa percaya pelanggan serta memicu transaksi pembelian terhadap produk Anda.

Penggunaan Chatbot dalam Customer Service

Chatbot merupakan sistem penjawab otomatis. Chatbot dapat dimanfaatkan ketika ada pelanggan yang berusaha menghubungi Anda pada jam istirahat maupun jam sibuk. Dengan chatbot, pelanggan Anda tidak akan merasa diabaikan dan tetap merasa dilayani. Namun, pastikan pesan dari pelanggan akan dijawab saat online.

Poin untuk Setiap Pembelian

Poin dalam setiap pembelian juga dapat menjadi salah satu cara CRM yang dapat dilakukan. Setiap kali pelanggan melakukan transaksi, poin akan ditambahkan dan tersimpan dalam database. Jika poin telah terkumpul dalam jumlah tertentu, maka poin dapat ditukarkan oleh pelanggan dengan hadiah.

Cara ini dapat diterapkan untuk mengembangkan bisnis karena perusahaan akan mendapatkan penjualan terus menerus melalui pelanggan setia.

Menerapkan Membership

Contoh lain dalam CRM adalah membership. Penerapan membership sangat sering digunakan oleh perusahaan besar. Dengan pembuatan membership oleh pelanggan, pelanggan bisa mendapatkan berbagai keuntungan melalui transaksi pembelian. Sama seperti penerapan poin, penerapan membership juga dapat meningkatkan bisnis Anda melalui berbagai transaksi yang dilakukan oleh pelanggan setia dengan membership.

Baca juga: Contoh surat penawaran harga yang Benar dan Jenisnya

Pelanggan VIP

Mirip dengan Membership, pelanggan VIP akan mendapatkan berbagai keuntungan melalui transaksi pembelian. Namun, pelanggan perlu mengumpulkan poin untuk mendapatkan status pelanggan VIP.

Itulah berbagai contoh Customer Relationship Management untuk diterapkan oleh perusahaan. Pelaksanaan CRM tentunya memerlukan pemetaan pelanggan secara otomatis. Anda membutuhkan sebuah aplikasi agar CRM dapat dijalankan dengan baik.

Anda dapat mengelola kegiatan pemasaran dengan software CRM RedERP agar dapat memetakan perilaku dan kebutuhan pelanggan Anda secara mudah dan cepat. Dengan begitu, membantu Anda lebih mudah dalam menetapkan harga dan membuat surat penawaran harga kepada klien potensial yang jadi target Anda.

Melalui software CRM dari RedERP, perusahaan juga dapat meningkatkan prospek dan penjualan, serta pemasaran dan dukungan pelanggan menjadi lebih sederhana. Sehingga seluruh informasi mengenai prospek dan juga pelanggan tersimpan dalam satu sistem terpadu, dan memudahkan Anda dalam melacak informasinya.

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi situs RedERP dan berkonsultasi dengan tim terkait kebutuhan CRM di perusahaan Anda. Semoga bermanfaat!

 

Contoh Customer Relationship Management untuk Kepuasan Pelanggan

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.