Jenis Mata Uang Kripto Terpopuler Sepanjang 2022

Mata Uang Kripto

Popularitas mata uang digital atau cryptocurrency memang tidak bisa dibendung lagi. Meskipun digadang-gadang sebagai aset investasi yang menjanjikan, namun sebagian jenis mata uang kripto memiliki nilai yang cenderung kecil dan potensi yang kurang jelas. Melihat fenomena tersebut, para pengamat investasi aset kripto menyarankan untuk tetap berpegang pada kripto yang populer, tapi apa saja ya?

Jenis Cryptocurrency Terpopuler

Sebagaimana disinggung sebelumnya, cryptocurrency merupakan mata uang digital yang memanfaatkan kriptografi sebagai penjaminnya. Dengan adanya kriptografi tersebut, transaksi yang melibatkan cryptocurrency tidak akan bisa dipalsukan maupun dimanipulasi.

Mengenai proses pencatatannya sendiri, umumnya menggunakan sistem yang disebut sebagai BlockChain Technology. Secara sederhana, Blockchain bisa diumpamakan sebagai buku besar yang mampu mencatat berbagai data transaksi dengan efisien serta dapat diverifikasi. Berikut adalah beberapa jenis cryptocurrency terpopuler yang bisa Anda pilih jika ingin berinvestasi:

1. Bitcoin

Bitcoin

Sejak awal kemunculannya, Bitcoin banyak menarik perhatian publik. Tidak mengherankan jika kemudian Bitcoin masuk dalam salah satu daftar uang kripto terpopuler yang paling banyak diperdagangkan. Pertumbuhan nilai dari aset kripto satu ini pun terus mengalami peningkatan. Hal ini terjadi karena pada mulanya Bitcoin memang ditargetkan untuk masuk pada skala perdagangan global, termasuk peer-to-peer. Selain itu, juga digunakan sebagai digital cash.

2. Ethereum

Selain banyak diperdagangkan, Ethereum memiliki skema pencairan dana yang terbilang lebih mudah dibandingkan aset kripto lainnya. Ethereum sendiri merupakan mata uang digital yang mengusung konsep smart contract, sehingga memungkinkan para developernya untuk merilis aplikasi pada perangkat smartphone.

3. Tether USDT

Walaupun tergolong sebagai mata uang kripto baru, Tether USDT diklaim sebagai jenis kripto stablecoin yang nilainya mengacu pada Dolar AS. Diketahui, cryptocurrency berbasis Blockchain ini memiliki populasi yang setara dengan mata uang tradisional layaknya Dolar, Yen, dan Euro yang disimpan pada rekening bank tertentu.

4. BNB

BNB Coin

BNB Coin banyak diminati dan diperjualbelikan secara global. Kabarnya, jenis kripto ini memiliki nilai tukar yang akan terus naik sampai beberapa tahun ke depan. Diketahui, 1 koin BNB bisa bernilai USD 641,43 atau sekitar Rp 9,1 jutaan.

5. USDC

Sama seperti namanya, USDC merupakan stablecoin yang patokan nilainya sesuai dengan Dolar AS dalam rasio 1:1. Artinya, setiap 1 USDC yang beredar, nilainya didukung dengan USD 1 yang disimpan sebagai cadangan cash dan obligasi di U.S. Treasury Bonds.

6. XRP

Sering juga disebut sebagai Ripple, XRP jadi aset kripto yang banyak diincar oleh para investor. Ini karena dari segi market cap, XRP merupakan salah satu yang terbesar.

7. Terra/Luna

Terra/Luna ialah blockchain yang menggunakan aset stablecoin dengan nilai yang sesuai pada mata uang fiat sebagai pendukung pembayaran global.

8. Cardano/ADA

Cardano masuk sebagai Blockchain pertama di dunia yang memiliki sistem cukup efisien. Disamping itu, Cardano sempat menduduki peringkat 10 besar untuk cryptocurrency terpopuler dengan harga jual yang terus meningkat. Pun, digadang-gadang menjadi mata uang kripto yang paling aman untuk digunakan sebagai instrumen investasi.

9. Solana/SoL

Solana adalah generasi ketiga dari jejaring blockchain yang kapabilitasnya memungkinkan developer untuk menciptakan sebuah aplikasi di perangkat ponsel. Menariknya lagi, Solana menjadi salah satu Altcoin yang terus dipantau oleh banyak investor di seluruh dunia.

Itulah beberapa jenis mata uang kripto yang perlu Anda ketahui. Mengingat nilai investasi dari produk kripto yang diyakini akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai mempersiapkan investasi pada aset ini. Apabila Anda tertarik untuk mencoba investasi BNB, Anda dapat melakukan pembelian maupun penjualan pertama Anda di Indodax, entah itu lewat website resminya ataupun aplikasi Mobile Apps.

Lebih lanjut, Indodax juga memberikan fasilitas lengkap seperti pengecekan harga BND secara realtime, mudah, cepat, kapan saja, dan dimana saja. Bahkan, jika para member berniat untuk mempelajari langkah-langkah trading aset digital dengan benar dan pasti sukses, Indodax juga menyediakan wadah pembelajaran melalui kanal Indodax Academy.

 

Jenis Mata Uang Kripto Terpopuler Sepanjang 2022

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.