Yuk, Kenali Beberapa Ciri Rambut Sehat

Ciri Rambut Sehat

Rambut sering kali diidentikkan dengan mahkota oleh sebagian orang, terutama kaum wanita. Oleh karena itu, banyak upaya dilakukan agar rambut menjadi sehat, berkilau dan lembut. Lantas apakah ciri rambut sehat itu? Berikut ini akan diulas beberapa ciri rambut yang sehat dari beberapa sumber.

Ciri-ciri Rambut Sehat

Sebelum membahas ciri-ciri rambut sehat, terlebih dahulu siklus rambut untuk mengetahui berapa lama umur rambut yang sehat, hingga saat tiba waktunya terjadi rontok secara alami.

Ternyata, rambut juga memiliki siklus hidupnya sendiri. Siklus ini terbagi dalam tiga fase, yaitu:

  1. Fase anagen atau pertumbuhan yang membutuhkan waktu 3-5 tahun.
  2. Fase katagen selama 3-4 minggu, dimana pertumbuhan sel-sel rambut secara perlahan mulai melambat dan akhirnya berhenti.
  3. Fase telogen yang berlangsung selama 3-4 bulan. Pada fase ini rambut telah tumbuh dan terus memanjang hingga akhirnya rontok.

Setelah melewati fase ketiga, rambut memulai kembali fase pertumbuhannya dari tahap pertama tadi.

Untuk kulit kepala yang sehat, sehelai rambut bisa bertahan tumbuh antara 3-5 tahun. Sedangkan pada satu pori kulit kepala, proses regenerasi pertumbuhan rambut rata-rata akan terjadi hingga 20 kali.

Baca juga:  Teknologi Terbaru Kulkas Paling Mutakhir

Rambut lalu akan tumbuh dan bertambah panjang kurang lebih 12 mm dalam waktu satu bulan. Bila terus dibiarkan memanjang, panjang rambut akan mencapai 107 cm, baru setelah itu rontok dan mengalami pertumbuhan baru pada pori yang sama.

Secara umum, rambut yang sehat berawal dari kulit kepala yang sehat. Kulit kepala yang bersih dari debu dan kotoran lain, ada satu hal yang bisa jadi penanda bahwa rambut dapat tumbuh dengan sehat.

Selain itu kulit kepala yang sehat itu setiap porinya mengandung tiga batang rambut. Tumbuhnya tiga helai rambut dalam satu pori tentu akan membuat rambut terlihat lebat. Sebaliknya, pori yang hanya ditumbuhi satu batang rambut, akan membuat rambut terlihat tipis.

Kalau cuma ada satu batang rambut, pasti ada masalah. Bayangkan jika rambut mengalami kerontokan, tentu akan ada banyak spot yang kosong di pori-pori dan kulit kepala. Bila tidak dirawat, lama-kelamaan kepala akan membotak di beberapa tempat.

Lantas apa ciri-ciri rambut yang sehat?

1. Tekstur Rambut Lembut

Rambut yang lembut merupakan salah satu ciri dari rambut yang sehat. Rambut dapat bergerak dengan mudah karena teksturnya lembut. Namun pewarna rambut dengan bahan kimia, perawatan rambut, dan penataan rambut sehari-hari akan mengelupaskan tepi kutikula dari batang rambut, sehingga menyebabkan tekstur rambut menjadi tidak lembut lagi.

Baca juga:  Golongan Darah Yang Disukai Nyamuk

2. Rambut Berkilau

Selain lembut, ciri rambut sehat dapat dilihat dari kilau rambut yang disebabkan lapisan terluar dari batang rambut memantulkan cahaya. Namun kerusakan pada kutikula rambut menyebabkan rambut mengembang dan menghalangi kilau tersebut. Sisa-sisa produk perawatan rambut di kulit kepala dan rambut juga menghalangi kilaunya. Karena itu, bilas rambut dengan cermat seusai keramas.

3. Kerontokan Ringan

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa rambut memiliki siklus sehingga secara normal orang akan kehilangan 50-100 helai rambut dalam sehari. Kerontokan ringan ini tidak akan terlihat karena rata-rata orang memiliki sekitar 100.000 helai rambut. Namun jika terjadi kerontokan yang terjadi lebih dari 100 helai dalam sehari, bisa terindikasi bahwa rambut tidak sehat, dan kemungkinan penyebabnya adalah stres atau faktor-faktor lain.

4. Rambut Elastis

Selain kulit, rambut juga elastis. Pengertian rambut elastis adalah rambut tidak mudah patah hanya karena tertarik atau terkena sisir. Rambut yang rapuh tentu tidak elastis lagi. Penyebab rambut tidak elastis bisa disebabkan antara lain oleh pola makan yang buruk, kekurangan vitamin seperti zat besi, biotin, dan protein.

Baca juga:  Liburan Lebih Nyaman dengan Menginap di POP! Hotel Banjarmasin

5. Saat Basah Rambut Tidak Kusut

Saat rambut dalam kondisi basah terkadang bisa menjadi kusut. Hal ini disebabkan tepi kutikula mengelupas dari batang rambut dan menyebabkan gesekan. Oleh karena itu rambut yang sangat kering, dengan kutikula yang rusak, akan sulit disisir meskipun dalam keadaan basah. Untuk mengatasi hal ini, bisa menggunakan kondisioner, yang dirancang untuk melapisi batang rambut dan melembutkan kutikula, sehingga rambut jadi mudah disisir.

Itulah 5 ciri rambut yang sehat dan tentu saja masih ada ciri-ciri yang lain. Namun perlu diketahui bahwa rambut yang berminyak berlebihan tentu tidak akan terlihat indah dan sehat. Penumpukan minyak pada kulit kepala, apabila bercampur dengan kotoran atau debu, akan mengakibatkan munculnya ketombe.

 

Kenali Beberapa Ciri Rambut Sehat

Loading...

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *