Konsep dan Desain Dapur Minimalis Modern

konsep dapur minimalis

Dapur merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah bangunan rumah. Dapur yang memiliki dua pengertian yaitu: pertama, bangunan rumah yang khusus disediakan untuk kegiatan masak-memasak dan kedua, dapat diartikan tungku ini, keberadaannya terus berkembang sejak dulu hingga sekarang seiring perkembangan zaman.

Konsep Dapur Minimalis

Saat ini ada istilah dapur minimalis meskipun terkadang banyak orang salah mengartikannya hanya sebagai dapur yang sempit (ruangan) atau menggunakan perabotan sederhana dan murah. Padahal konsep dapur minimalis adalah sebuah dapur yang ditata dengan efektif, sederhana, dan tidak ruwet sama sekali sehingga dapat menciptakan kepuasan pada pemiliknya.

Dapur minimalis akan ditata se-efektif dan sesederhana mungkin sesuai dengan fungsi utama dapur tersebut. Bukan berarti menggunakan bahan murah atau memiliki ruangan yang sempit. Banyak dapur minimalis yang menggunakan peralatan dapur yang mahal serta ruangan yang sangat luas.

Berikut ini ada beberapa konsep dapur minimalis yang bisa menjadi inspirasi untuk membuat sebuah tempat memasak dengan efektif dan sederhana namun memiliki kesan mewah dan modern.

DAPUR MINIMALIS RUSTIC

DAPUR MINIMALIS RUSTIC

Konsep dapur minimalis dengan desain rustic ini didominasi oleh warna netral putih dan hitam sehingga menciptakan tampilan modern yang khas. Untuk memberi sentuhan unik, desain rak dibuat dengan konsep tradisional yang memberi sentuhan alami dan rustic.

Pencahayaan pada dapur terlihat sangat apik dengan beberapa lampu tambahan dan jendela kaca berukuran besar. Elemen tersebut tidak hanya membuat tampilan dekorasi ruangan tampak lebih menarik tapi juga menciptakan suasana yang sangat nyaman.

Keunggulan dari konsep dekorasi dapur minimalis rustic membuat ruangan terasa lebih leluasa dengan tampilan terlihat sederhana namun tetap dengan konsep modern yang elegan. Agar tidak terlihat terlalu polos bisa menambahkan elemen-elemen alami seperti tumbuhan hijau dan elemen kayu.

DAPUR MINIMALIS TRENDY

DAPUR MINIMALIS TRENDY

Konsep dapur minimalis dengan desain trendy menggunakan pilihan warna beige sebagai warna utama agar tampilan dapur terlihat terang dengan nuansa yang lebih hangat. Dipadukan dengan lantai dengan warna kayu alami tampak selaras dengan warna dinding yang semakin membuat dekorasinya tampak menawan.

Kabinet besar berwarna abu kemudian memberi sentuhan warna lain yang membuatnya terlihat menarik diantara warna dinding dan kayu. Kursi berwarna hitam kemudian menambah sentuhan yang elegan. Keunggulan dari konsep dekorasi dapur minimalis ini yang dapat diterapkan:

  • Pemilihan warna beige merupakan pilihan warna alternatif yang dapat menciptakan tampilan netral selain abu dan putih. Jika warna putih atau abu memberi suasana yang lebih ‘dingin’ dan menenangkan, beige akan membuat ruangan terasa lebih hangat.
  • Warna focal point.  Meskipun berwarna netral, namun kabinet pada dapur minimalis ini terlihat mencolok. Inspirasi ini menujukan cara menggunakan warna netral untuk mempercantik ruangan tanpa harus memilih warna terang yang kontras.
  • Tata ruang efektif dari dapur ini tidak terlalu luas, namun dengan tata ruang dan pemilihan desain furniture yang cermat, suasananya tetap terasa nyaman. kabinet yang besar dipasang dengan metode ‘tanam’ sehingga tidak mengambil banyak ruang. Selain itu, furniture yang sederhana juga membuat ruangan terlihat lebih leluasa.

DAPUR MINIMALIS DEKORATIF

DAPUR MINIMALIS DEKORATIF

Konsep dapur minimalis dengan desain dekoratif ini di salah satu sisi dari dapur dihiasi dengan keramik bermotif bata (subway tile) yang membuat dekorasi keseluruhannya tampak lebih dekoratif. Ditambah dengan kabinet yang berdesain vintage dengan aksen kayu akan memberi sentuhan rustic yang selaras dengan motif keramik pada tembok. Tampilan dapur ini menggabungkan style modern dan tradisional yang sangat menginspirasi untuk ditiru.

Tips menggunakan subway tile untuk dekorasi dapur dengan desain minimalis:

  • Pilih warna netral cerah. Anda dapat menjumpai subway tile dengan beragam warna di pasaran, namun ada baiknya anda memilih warna netral yang cerah. Subway tile dengan warna putih atau abu muda merupakan pilihan terbaik yang dapat anda pertimbangkan.
  • Beri sentuhan rustik. Dengan tampilannya yang menyerupai bata alami, subway tile akan membuat tampilan dekorasi dapur terlihat lebih rustik dan klasik. Oleh karena itu, anda dapat mempercantiknya dengan menambahkan elemen-elemen rustik lainnya seperti kayu atau tumbuhan hijau. Penggunaan furnitur berdesain klasik pun dapat membuat tampilannya lebih menawan.
  • Selaraskan dengan elemen lain. Menyesuaikan warna dinding dan atap dengan warna subway tile dapat menciptakan tampilan keseluruhan yang selaras. Cara tersebut juga dapat membuat ruangan tidak terasa sumpek meskipun anda menggunakan subway tile.
  • Pencahayaan yang baik. Subway tile akan menciptakan nuansa ruangan yang dekoratif dengan teksturnya. Oleh karena itu, pencahayaan memegang peranan yang sangat penting dalam menjaga tampilannya agar terlihat menarik dan suasananya tetap terasa nyaman.

Sumber: https://polarumah.com/desain-dapur-minimalis

 

Konsep Dapur Minimalis

Loading...

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *