Memilih Kantong Plastik yang Tepat untuk Sampah

Kantong Plastik yang Tepat untuk Sampah

Permasalahan sampah di Indonesia merupakan permasalahan klasik yang terus ada hingga saat ini. Mulai dari semakin banyaknya limbah sampah yang dihasilkan masyarakat sampai kurangnya tempat sebagai pembuangan sampah. Padahal sampah bisa menjadi tempat berkembang dan sarang dari serangga dan tikus, menjadi sumber polusi dan pencemaran tanah, air, dan udara, menjadi sumber dan tempat hidup kuman-kuman yang membahayakan kesehatan.

Kantong Plastik yang Tepat untuk Sampah

Salah satu usaha sederhana yang dapat dilakukan oleh masyarakat adalah menampung terlebih dahulu sampah di sekitar agar terkumpul menjadi satu dan tidak berserakan kemana-mana. Sarana untuk menampung sampah sementara itu bisa menggunakan kantong sampah yang terbuat dari plastik. Dan harganya pun relatif murah. Berapa harga plastik sampah merk Urban Plastic?

Namun tidak sembarang kantong plastik efisien untuk menampung sampah sementara baik itu yang dihasilkan dari rumah tangga maupun industri. Perlu Kantong Plastik yang Tepat untuk Sampah. Bagaimanapun juga, pembuangan sampah dan penumpukan sampah jika tidak diurus dengan baik, maka dapat mengakibatkan masalah besar nantinya.

Lantas, bagaimana memilih kantong plastik yang tepat untuk sampah?

Sebelumnya perlu diketahui bahwa kantong plastik sampah buka tempat akhir pembuangan sampah. Kantong plastik hanya bersifat sementara yang nantinya akan di teruskan atau diambil tukang sampah yang akan dikirim ke tempat pembuangan sampah akhir.

Kanal Pengetahuan lainnya:  Untuk Merawat Rack Server, Ingat 4 Hal Ini

Kantong plastik sampah itu hanya dipakai sekali yaitu sebagai tempat saat membuang barang yang sudah tidak terpakai. Kendati demikian, sebaiknya kantong sampah tersebut kuat namun ramah lingkungan karena masih banyak kantong sampah yang menggunakan plastik yang bahannya sulit terurai.

Selain itu, untuk menampung sampah dengan plastik, cobalah membagi sampah menjadi dua bagian yaitu
sampah basah (organik) dan sampah kering seperti plastik, kaleng, kaca dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan sampah basah dan sampah kering jika tercampur akan saling mencemari satu sama lain.

Oleh karena itu, perhatikan rata-rata jumlah sampah yang dihasilkan per hari untuk memilih ukuran kantong plastik. Umumnya ukuran kantong plastik yang dijual di pasaran bervariasi mulai yang kecil hingga ekstra jumbo.

Kantong sampah plastik yang kuat dan tebal diperlukan agar mampu menampung sampah tanpa rasa takut merembes atau sobek. Walaupun hanya kantong sampah plastik namun Anda perlu memilih produk kantong sampah plastik yang baik.

Perlu diperhatikan juga jenis sampah yang dihasilkan. Sampah rumah tangga, industri, kantor dan rumah sakit tentu saja berbeda. Khusus rumah sakit atau klinik kesehatan tersedia kantong plastik sampah medis dimana bisa mengakibatkan bahaya lebih besar daripada sampah rumah tangga. Pilih jenis kantong di pasaran, apakah perlu kantong sampah plastik regular, kantong sampah plastik untuk industri, kantong sampah plastik heavy duty hingga kantong sampah plastik medis.

Kanal Pengetahuan lainnya:  Cloud Kitchen Everplate yang Memiliki Berbagai Kelebihan Menarik

Ukuran dan kualitas kantong plastik sampah menentukan harga jual. Banyak variasi harga di pasaran. Silahkan cek Berapa harga plastik sampah merk Urban Plastic? Harga Plastik Sampah merk Urban Plastic mulai dari Rp. 14.250/kg (Harga dapat berubah sewaktu-waktu).

Tips Memilih Kantong Sampah Plastik

Berikut ada panduan memilih kantong sampah plastik yang pas.

Cek bahan kantong sampah plastik

Bahan kantong sampah plastik umumnya terbagi dalam plastik LDPE dan HDPE. Plastik LDPE atau umum disebutkan plastik PE mempunyai struktur yang lemas, cukup lentur, supaya melar serta lebih plastis hingga tidak gampang sobek. Dan untuk plastik dengan bahan HDPE atau terkenal disebutkan HD mempunyai struktur yang cukup keras, kurang plastis serta lebih gampang sobek.

Jika Anda membutuhkan plastik dengan tingkat kelenturan tinggi karena itu tentukan plastik tipe LDPE atau plastik PE. Kebalikannya bila Anda membutuhkan plastik dengan struktur yang cukup keras karena itu pilih plastik berbahan HDPE atau plastik HD.

Kanal Pengetahuan lainnya:  Weddingku.id, Website untuk membuat Undangan Pernikahan Online

Samakan kantong sampah plastik dengan keperluan

Pilihkan kantong sampah plastik sesuai keperluan Anda. Jika Anda memerlukan kantong sampah plastik untuk buang beberapa obat atau cairan kimia karena itu pilih tipe plastik klinis. Jika Anda memerlukan kantong sampah plastik untuk sampah rumah tangga Anda pilih tipe kantong sampah plastik reguler.

Tetapkan ukuran plastik

Ukuran kantong sampah plastik juga penting untuk Anda pikirkan saat akan beli kantong sampah plastik. Ukuran kantong sampah plastik mencakup panjang, lebar dan ketebalan kantong sampah plastik. Umumnya ukuran kantong sampah plastik diawali dari 30 x 50 cm dengan ketebalan 0,03 cm sampai ukuran 110 x 150 cm dengan tebal 0,08 cm.

Makin tebal plastik karena itu kemampuan plastik makin tinggi dalam pada itu makin tipis plastik karena itu kemampuannya akan makin rendah. Disamping itu ukuran plastik punya pengaruh pada kapasitas sampah yang bisa dimuat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Plastik Sampah merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui :
Whatsapp/Mobile Phone : +62811 1721 338 (Ratna) atau https://wa.me/628111721338, atau: Email : [email protected]

 

Memilih Kantong Plastik yang Tepat untuk Sampah

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *