Mempersiapkan Tabungan Umroh Untuk Ibadah Umroh

Tabungan Umroh Untuk Ibadah Umroh

Bagi setiap muslim pergi ke tanah suci untuk melaksanakan ibadah haji atau umroh merupakan suatu keinginan besar. Namun untuk keinginan tersebut terhalang kendala dan yang paling umum dirasakan untuk mengunjungi rumah Allah dan tempat lahirnya Rasulullah SAW adalah masalah biaya selain kendala lainnya. Terlebih terdapat perbedaan pelaksanaan antara ibadah haji dengan umroh. Maka memiliki tabungan umroh merupakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Simak ulasan dibawah ini.

Tabungan Umroh

Ada pepatah yang mengatakan “Jikalau kamu ingin sesuatu maka buktikan kalau kamu benar-benar ingin”. Jika dihubungkan dengan masalah biaya untuk berangkat ke tanah suci maka dapat diartikan bahwa kalau memang ingin benar-benar berangkat haji atau umroh maka buktikan kesungguhan itu, misalnya dengan bekerja keras dan menabung.

Seperti yang kita ketahui bahwa ada dua ibadah ke tanah suci yaitu haji dan umroh. Menunaikan ibadah haji dan umroh membutuhkan kemauan kuat serta kemampuan harta dan fisik yang memadai khususnya bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya akan membutuhkan waktu dan tenaga untuk melakukan perjalanan ke lokasi tanah suci yang cukup jauh. Sehingga ada banyak orang sudah mampu tapi belum mempunyai kemauan dan sebaliknya ada yang memiliki kemauan tapi tidak mampu.

Baca juga:  Tips dari Broker Forex Resmi Bagi Pemula

Ada perbedaan antara ibadah haji dan umroh. Waktu pelaksanaan ibadah haji hanya dilakukan selama satu kali dalam satu tahun dan dilaksanakan oleh umat muslim dari seluruh dunia. Waktu ibadah haji juga lebih sempit dibandingkan ibadah umroh. Selain itu, ibadah haji memiliki kuota sehingga harus antri bertahun-tahun untuk melaksanakannya. Oleh karena itu, banyak orang memilih ibadah umroh terlebih dahulu sembari menunggu haji.

Melaksanakan ibadah umroh lebih fleksibel dibandingkan ibadah haji. Selain itu dari segi biaya, umroh lebih murah dibandingkan haji. Kendati biaya umroh lebih murah, namun masih banyak umat Islam yang belum bisa berangkat karena harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 16 juta- Rp 30 juta tergantung travel yang digunakan.

Tips Mempersiapkan Tabungan Umroh

Salah satu solusi agar bisa berangkat adalah dengan memiliki tabungan umroh secepatnya. Hal ini bisa sebagai langkah awal untuk persiapan agar bisa berangkat ke tanah suci. Banyak Bank yang mengeluarkan produk tabungan umroh khusus buat mereka yang memiliki kemauan untuk berangkat umroh. Biasanya tabungan ini ditawarkan dalam bentuk tabungan berjangka.

Baca juga:  Mengusung 3 Kamera Belakang, Yuk Intip Kelebihan Samsung Galaxy A20s

Berikut beberapa tips bagaimana caranya mempersiapkan tabungan umroh agar sesuai dengan tujuan awal.

1. Mantapkan Niat untuk Berangkat Umroh

Ada hadist populer yang dicantumkan pada hadist pertama di Kitab Hadist Arbain dan Riyadhus Shaluihin yang ditulis oleh Imam An-Nawawi yaitu “Segala amal bergantung pada niatnya“. Hadist ini menjelaskan betapa pentingnya niat di setiap amal yang akan dikerjakan termasuk juga niat untuk berangkat umroh.

2. Buat Tabungan Umroh

Memiliki tabungan umroh lebih diutamakan daripada berhutang untuk umroh, meskipun ada beberapa Bank menyediakan fasilitas tersebut untuk menyegerakan nasabahnya agar bisa berangkat umroh. Bagaimanapun akan lebih baik berangkat umroh lebih lama dibandingkan berangkat cepat tapi menanggung beban hutang yang bisa membuat hati menjadi tidak tenang.

  • Berdasarkan prinsip Syariah dengan akad Mudharabah
  • Bebas biaya administrasi
  • Mendapatkan bagi hasil
  • Autodebet / pendebetan langsung dari rekening tabungan Maybank yang dimiliki
  • Minimum setoran per bulan mulai dari Rp 100.000,-
  • Nasabah dapat memilih menggunakan travel agent rekanan Maybank yang dipilih.
Baca juga:  Ingin Souvenir Tumbler Murah, Beli Aja di Souvenirku.id

3. Konsistensi Menabung

Konsistensi merupakan hal yang paling sulit dikerjakan dari sebuah aktivitas. Diperlukan kemauan dan niat kuat untuk melakukan sebuah konsistensi atau dalam Islam disebut dengan istiqomah. Untuk memantapkan terus niat untuk berangkat umroh seperti di point 1 terus diingat agar nantinya “konsistensi menabung” menjadi hal biasa

Tips. Sisihkan terlebih dahulu uang yang didapat dari setiap gaji atau keuntungan usaha untuk tabungan umroh. Jangan menunggu sisa uang yang ada.

4. Jangan Lupa Berdoa dan Sedekah

Bagaimanapun juga, Allah SWT yang akan menentukan semuanya. Manusia hanya bisa berusaha dan berikhtiar agar keinginan umroh bisa terwujud. Untuk itu berdoalah kepada-Nya agar tabungan umroh cepat terpenuhi dan perbanyak sedekah karena memiliki efek balasan yang luar biasa. Bahkan balasan sedekah bisa berkali-kali lipat. Inilah janji Allah dan itu sudah dibuktikan oleh banyak orang.

Demikianlah sekilas tentang memiliki tabungan umroh apabila niat untuk ibadah umroh tidak dapat terwujud karena masalah biaya.

 

Mempersiapkan Tabungan Umroh Untuk Ibadah Umroh

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *