Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

pelatihan barista

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi kini semakin diminati banyak orang. Barangkali dahulu warung kopi itu identik dengan warung yang kurang nyaman, tidak menarik dan suasana monoton. Meskipun masih banyak model warung kopi tradisional seperti itu, namun kini banyak warung kopi yang identik dengan cafe modern yaitu sebuah tempat yang nyaman, suasana cozy, fasilitas lengkap seperti lounge, bar, AC, Wi-Fi. Bahkan tidak jarang warung kopi masa kini telah memiliki desain interior unik dan kombinasi fungsi yang sebelumnya tidak terkait dengan warung kopi.

Selain itu, dewasa ini cara masyarakat Indonesia dalam minum kopi sudah mulai berubah, dari sekadar rutinitas harian dalam rumah tangga atau sekedar untuk menjamu tamu, minum kopi pun telah menjadi bagian dari bisnis modern yang kian tumbuh marak. Tidak aneh masyarakat saat ini merasa nyaman untuk menghabiskan banyak waktu bersama kerabat di warung kopi modern atau kafe.

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Namun untuk memulai usaha kedai atau warung kopi modern tidak asal-asalan atau apa adanya. Harus ada beberapa faktor agar berhasil dalam berusaha. Pertama-tama yang harus dipenuhi adalah memiliki passion untuk menjalankan usaha warung kopi modern. Terlebih memiliki dasar peracik kopi yang bisa di dapat dengan ikut pelatihan barista.

Baca juga:  Cari Truk Terbaik dan Solusi Perawatannya? Ini Jawabannya!

Yang dimaksud passion disini adalah suatu energi yang membuat seseorang termotivasi untuk melakukan sesuatu dengan senang hati, tanpa paksaan bahkan dengan suka rela mengerjakannya tanpa mengharap imbalan sedikitpun. Biasanya orang yang memiliki passion tersebut muncul, akan benar-benar mencintai usaha atau pekerjaannya.

Yang kedua adalah ilmu pengetahuan. Meskipun telah memiliki passion dan motivasi, namun perlu diiringi dengan ilmu pengetahuan tentang usaha kopi. Salah satunya adalah ikut Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi. Dengan ikut pelatihan akan menghasilkan sumber daya manusia yang mumpuni serta merupakan unsur pokok dalam industri jasa, termasuk usaha warung kopi. Apalagi maraknya bisnis warung kopi atau istilah kerennya “coffee shop” menyebabkan persaingan menjadi semakin ketat.

Pelatihan Barista

Diantara beragam sumberdaya pokok warung kopi modern terdapat sumber daya kunci yang mendasar dan biasanya sulit tergantikan yaitu barista. Dalam bisnis di sektor hilir kopi, barista merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha warung kopi. Oleh karena itu banyak pelatihan barista didirikan untuk menjadikan seseorang ahli dalam meracik kopi.

Seorang barista andal, sebelum mengasah keterampilan dalam menyajikan kopi, mereka perlu mengisi pengetahuan dan mengenal lebih dulu tentang kopi yang menjadi titik inti dalam dunia kebaristaan. Penting untuk memiliki pengetahuan cukup soal kopi terlebih dulu sebelum mengasah keterampilan dan itu biasanya diajarkan dalam pelatihan barista. Pengenalan mulai dari jenis kopi, proses kopi, hingga aneka minuman kopi yang merupakan sajian akhir dari perjalanan panjang kopi.

Baca juga:  Produk Sabun Transparan ADEV Natural Indonesia

Selain itu, meskipun untuk menjadi barista tidaklah selalu melalui sekolah kebaristaan karena bisa belajar autodidak atau belajar langsung dengan membantu barista, namun namun latihan yang paling baik adalah dengan adanya seorang mentor yang bisa diajak berdiskusi langsung saat pelatihan, terutama bagi prakerja yang benar-benar “buta” dalam usaha kopi.

Misalkan ikut paket pelatihan barista Bencoolen Coffee dimana peserta akan mendapatkan pelatihan dari mentor seorang ahli kopi untuk mengetahui karakteristik dan jenis KOPI JUJUR, mengetahui jenis kopi, menerapkan teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi dan penjelasan tugas profesi barista.

The BENCOOLEN Coffee

Sekedar informasi, The BENCOOLEN Coffee adalah brand perusahaan yang didirikan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani. Usaha ini membantu pemerintah dalam mengembangkan dan mengelola kopi dari hulu ke hilir dan membuatnya lebih mudah bagi pemerintah untuk mengontrol hasil perkebunan kopi. The BENCOOLEN Coffee mengelola kopi berkualitas dan jujur untuk menarik konsumen yang akan membeli kopi petani sesuai dengan mekanisme yang dikelola oleh The BENCOOLEN Coffee.

Baca juga:  Sayang untuk Dilewatkan! Promo Mobil Toyota Besar Tahun Ini

Selain mengembangkan dan mengelola kopi dari hulu ke hilir The BENCOOLEN Coffee juga mengadakan pelatihan barista dan usaha warung kopi untuk membantu prakerja dan masyarakat pemegang kartu prakerja.

pelatihan bencoolen coffee

Ada banyak kelas pelatihan yang bisa dipilih untuk menambah ilmu soal kopi, misalkan paket pelatihan barista Bencoolen Coffee dimana peserta akan mendapatkan pelatihan dalam mengetahui karakteristik dan jenis KOPI JUJUR. , Mengetahui jenis kopi, Menerapkan teknik pembuatan minuman berbahan dasar kopi dan penjelasan tugas profesi barista.

pelatihan barista

Paket pelatihan ini sangat cocok bagi pemegang Kartu Prakerja sebagai program bantuan berupa biaya untuk pengembangan kompetensi para pencari kerja, pekerja dan prakerja yang membutuhkan peningkatan kapasitas untuk memulai Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi.

Mitra prakerja dalam melakukan pelatihan barista digital: Kemnaker, Skill Academy by Ruangguru.com dan Maubelajarapa.com.

 

Bencoolen Mitra prakerja dalam melakukan pelatihan digital

Loading...

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *