Tanda dan Gejala serta Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat

Asam urat merupakan hasil metabolisme akhir dari purin yaitu salah satu komponen asam nukleat yang terdapat dalam inti sel tubuh. Zat purin adalah zat alami yang merupakan salah satu kelompok struktur kimia pembentuk DNA dan RNA. Purin yang berasal dari katabolisme asam nukleat diubah menjadi asam urat secara langsung.

Fungsi Asam Urat

Asam urat sebenarnya memiliki fungsi dalam tubuh yaitu sebagai antioksidan dan bermanfaat dalam regenerasi sel. Metabolisme tubuh secara alami menghasilkan asam urat. Asam urat menjadi masalah ketika kadar di dalam tubuh melewati batas normal. Berapa normal asam urat dalam tubuh kita? Kadar normal asam urat menurut WHO pada pria adalah 3,5 – 7 mg/dl & pada wanita 2,6 – 6 mg/dl.

Peningkatan kadar asam urat akan membentuk kristal yang ujungnya tajam seperti jarum dan dapat mengakibatkan gangguan pada tubuh manusia seperti linu di daerah persendian dan sering disertai dengan timbulnya rasa nyeri yang teramat sangat bagi penderita. Kondisi tersebut menimbulkan respon peradangan dan berakhir dengan serangan gout sehingga penyakit ini sering disebut penyakit gout atau lebih dikenal dengan penyakit asam urat.

Bagian tubuh yang terkena terutama adalah bagian sendi yang berada diujung tubuh seperti ibu jari kaki. Sedangkan sasaran lainnya adalah sendi pada siku, lutut, pergelangan kaki, tangan maupun bahu.

Tanda dan Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala yang dirasakan dan tanda yang sering muncul pada penderita Gout, diantaranya adalah:

  • Rasa nyeri hebat dan mendadak pada ibu jari kaki dan jari kaki
  • Terganggunya fungsi sendi yang biasanya terjadi di satu tempat, sekitar 70-80 % pada pangkal ibu jari Terjadi hiperurikemia dan penimbunan kristal asam urat dalam cairan dan jaringan sendi, ginjal, tulang rawan dan lain-lain;
  • Telah terjadi >1 kali serangan di persendian (arthritis) yang bersifat akut;
  • Adanya serangan nyeri pada satu sendi, terutama sendi ibu jari kaki. Serangan juga biasa terjadi di tempat lain seperti pergelangan kaki, punggung kaki, lutut, siku, pergelangan tangan atau jari-jari tangan;
  • Sendi tampak kemerahan;
  • Peradangan disertai demam (suhu tubuh >38oC), dan pembengkakan tidak simetris pada satu sendi dan terasa panas;
  • Nyeri hebat di pinggang bila terjadi batu ginjal akibat penumpukan asam urat di ginjal;

Penyebab Asam Urat

Faktor risiko yang mempengaruhi tingginya asam urat adalah umur, kegemukan, penyakit jantung dan konsumsi obat-obatan tertentu (diuretika) dan gangguan fungsi ginjal.

Konsumsi purin yang terdapat dalam daging dan seafood berhubungan terhadap risiko peningkatan kadar asam urat. Mengkonsumsi alkohol juga dapat meningkatkan resiko penyakit asam urat, sebab alkohol dapat menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine berkurang. Sehingga asam urat tetap tertahan dalam darah dan menumpuk di persendian.

Dalam testimoni Mosehat ada yang menyebutkan bahwa mereka memiliki riwayat keturunan asam urat dari orang tuanya. Memang orang yang memiliki riwayat keturunan asam urat akan beresiko lebih tinggi menderita asam urat. akan beresiko lebih tinggi menderita asam urat. Orang tua atau bahkan nenek kakek yang menderita asam urat maka anak cucunya sangat berpeluang besar terkena penyakit asam urat jika dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat penyakit asam urat dari keturunanya.

Pembentukan asam urat yang berlebihan juga dapat disebabkan karena penyakit seperti gagal ginjal, kegagalan fungsi utama pada ginjal adalah membersihkan darah dari sisa-sisa hasil metabolisme tubuh yang berada di dalam dengan cara menyaring atau filtrasi. Gagal ginjal terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun apabila tanda itu dapat diketahui secara dini penderita bisa mendapat bantuan untuk mengubah atau menyesuaikan gaya hidup agar bisa memperlambat kegagalan fungsi ginjal tersebut.

Penyakit leukemia juga dapat menyebabkan terjadinya asam urat, leukemia merupakan suatu tipe kanker yang menyerang sumsum tulang sehingga menghasilkan sel darah putih yang abnormal. Di Indonesia asam urat menduduki urutan kedua setelah osteoartritis.

Pengobatan Asam Urat

Tujuan pengobatan asam urat ini adalah untuk mengatasi gejala serangan akut atau serangan mendadak asam urat, mencegah kambuhnya kembali radang sendi dan pembentukan terjadinya batu urat. Umumnya penyakit asam urat dapat diobati dengan cara medis yaitu dengan mengkonsumsi obat penurun asam urat seperti fenilbutazon.

Pengobatan serangan artritis gout atau asam urat adalah menghilangkan gejala, sendi yang sakit harus diistirahatkan dan terapi obat dilaksanakan secepat mungkin untuk menjamin respon yang cepat dan sempurna. Menurut Kementerian Kesehatan RI, ada tiga pilihan obat untuk artritis gout akut, yaitu NSAID, kolkisin, kortikosteroid. Ketiga pilihan itu memiliki keuntungan dan kerugian.

Sedangkan cara lain yaitu dengan pengobatan herbal seperti Mosehat, Jamu Tetes Ekstrak Daun Kelor untuk mengatasi efek yang ditimbulkan dari serangan asam urat, peradangan, rasa nyeri serta dapat menghilangkan penyakit asam urat itu sendiri.

Beberapa testimoni dari penderita asam urat yang telah mengkonsumsi obat herbal Mosehat

Testimoni Mosehat setelah 1 Bulan Konsumsi Mosehat Asam Urat Sembuh

Assalamualaikum, Nama saya bu siti dari Jogja Sleman. Selama saya konsumsi Mosehat 1 bulan, insyaallah kolesterol dan Asam Urat saya ada perubahan. Yang belum coba Mosehat, silahkan nyoba. Semoga Mosehatnya menjadi kita Sehat. Terimakasih

Testimoni Mosehat Asam Urat Ibu Erni Membaik Setelah Menggunakan Produk Mosehat

Shaloom. Nama saya Erni. Saya sudah menderita asam urat kurang lebih 2 Th. Setelah saya menggunakan produk Mosehat, asam urat saya membaik. Terimakasih Mosehat

Testimoni Mosehat Dalam 1 Minggu Bpk Sumanto Sembuh Dari Asam Urat Setelah Minum Mosehat

Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatu, Nama saya Sumanto dari Ponorogo Jawa timur. Saya penderita asam urat sudah 4 bulan lebih. Dan sekarang saya pakai nih Mosehat, Alhamdulillah ini tangan saya sudah ada perkembangan, sudah bisa gerak dan dengan 1 Minggu saya pakai Alhamdulillah perkembangan nya sudah lumayan. Terimakasih Mosehat

Testimoni Mosehat Ibu Satuni Penderita Asam Urat Kolesterol Sembuh Setelah Minum Mosehat

Assalamualaikum. Nama saya ibu satuni dari Griya Citra Jawa timur. Saya penderita asam urat kolesterol.
Setelah minum Mosehat, badan jadi enteng, tidak sakit lagi. Minum Mosehat badan jadi sehat.

Mosehat Extra Moringa sudah mengantongi izin produk industri rumah tangga (P-IRT), IJIN DEP KES P-IRT No. 2093275051029-24, BPOM TR 193627491

 

Tanda dan Gejala serta Penyebab Penyakit Asam Urat

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.