3 Aplikasi Ini Karya Anak Bangsa. Membanggakan!

Cobalah buka Google Play Store, akan banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk smartphone android. Belum lagi aplikasi-aplikasi yang tidak terdaftar di Play Store. Bisa saja jumlah aplikasi untuk smartphone atau telepon pintar itu jutaan baik itu buatan luar negeri maupun aplikasi karya anak bangsa.

Saat ini hampir semua kebutuhan manusia dipermudah dengan adanya download aplikasi yang dapat diinstal di ponsel pintar, mulai dari hiburan hingga urusan pekerjaan. Terlebih saat ini ponsel sepertinya telah dianggap bagian dari kebutuhan sehari-hari.

3 Aplikasi Karya Anak Bangsa

Sekali lagi, ada banyak sekali aplikasi smartphone yang bisa ditemui dan digunakan. Jika dibahas satu per satu tentunya tidak bakalan selesai karena keberadaan aplikasi itu sendiri pasang surut. Artinya selalu ada perubahan, ada yang baru dan ada pula yang berakhir.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, hanya di ulas 3 aplikasi karya anak bangsa Indonesia yang bisa menjadi gambaran bahwa pengembang aplikasi Indonesia tidak kalah populer, bahkan ada sejumlah aplikasi buatan dalam negeri yang telah diunduh oleh puluhan juta pengguna sehingga menjadi perhatian dunia terbukti. Dengan demikian kemampuan orang Indonesia dalam bidang teknologi informasi tidak perlu diragukan lagi.

3 aplikasi Android berikut ini dikembangkan oleh anak bangsa Indonesia, antara lain:

1. Aplikasi Tokopedia

Aplikasi Tokopedia

Bagi masyarakat Indonesia, nama tokopedia atau sering disebut toped ini sepertinya bukan istilah yang asing, terutama bagi kaum milenial. Ini merupakan salah satu aplikasi toko online yang sangat populer di Indonesia.

Sebelum maraknya smartphone, Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yaitu situs jual beli online untuk menjembatani penjual dengan pembeli melalui internet. Seiring perkembangan teknologi, tokopedia pun membuat aplikasi smartphone untuk semakin mempermudah transaksi.

Hanya dengan berbekal smartphone dan jaringan internet, belanja online dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan mudah, cepat, dan aman.

2. Aplikasi GOJEK

Aplikasi GOJEK

Aplikasi GOJEK merupakan salah aplikasi karya anak bangsa yang membanggakan. Awal munculnya aplikasi pada tahun 2009 di Jakarta dianggap sebuah inovasi yang hebat di Indonesia karena merupakan layanan transportasi ojek online. Oleh karena itu, GOJEK dianggap sebagai aplikasi pelopor transportasi berbasis aplikasi di Indonesia.

Saat ini melalui aplikasi GOJEK yang dikelola oleh PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk telah memiliki banyak fitur dan layanan. Bukan hanya transportasi saja, juga beragam layanan ditawarkan untuk kehidupan kegiatan sehari-hari.

Menurut laman resminya, aplikasi GOJEK telah diinstal sebanyak 190 juta+. Terjadi 2.448x lipat kenaikan pengunduhan aplikasi dari 2015 sampai 2020. Pada tahun 2019, Gojek telah berkontribusi hingga US$7,1 triliun bagi ekonomi Indonesia, membantu pembukaan lapangan kerja, serta peningkatan pendapatan dan kualitas hidup.

3. Aplikasi CUiT

Aplikasi CUiT

CUiT merupakan aplikasi media sosial karya anak bangsa untuk bersosialisasi dengan teman, keluarga, rekan maupun orang baru yang bisa menambah hubungan. Aplikasi media sosial CUiT memiliki memiliki fitur-fitur media sosial pada umumnya, seperti mengupload video maupun foto dengan lingkungan yang informatif, aman, dan menyenangkan.

Selain itu, aplikasi CUiT ini bisa digunakan oleh content creator untuk menghasilkan uang tambahan. Cukup dengan fitur aplikasi edit video untuk mengkreasikan video, agar mendapatkan banyak penonton yang nantinya akan bisa mendapatkan koin dan menukarnya menjadi uang.

Download aplikasi CUiT untuk samrtphone android

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.gocuit.cuit.android

Itulah 3 aplikasi karya anak bangsa yang bisa mewakili kebutuhan masing-masing pengguna. Tentu masih banyak aplikasi lain yang serupa. Semoga bermanfaat.

 

3 Aplikasi Karya Anak Bangsa. Membanggakan!

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.