Posisi Menyusui yang Nyaman untuk si Kecil

Posisi Menyusui yang Nyaman untuk si Kecil

Puting lecet bisa terjadi jika Moms tidak menyusui dengan posisi yang benar. Saat menyusui bayi mungkin Moms sering merasa bingung, sebenarnya seperti apa posisi yang baik dan benar.

Karena itu, Moms perlu mengetahui posisi-posisi menyusui yang benar sehingga proses menyusui menjadi lebih nyaman sehingga dapat terbentuk bonding antara ibu dan anak yang baik.

Posisi Menyusui yang Nyaman untuk si Kecil

Berikut posisi menyusui yang baik:

1. Cradle Position

Posisi ini merupakan posisi menyusui paling klasik, yaitu kepala bayi akan berada di antara lekukan salah satu lengan ibu, seperti saat menimang bayi.

Posisi ini dilakukan dengan lengan Moms menopang bayi di payudara. Kepala bayi diletakkan di dekat siku, dan lengan Moms menopang tubuh bayi di sepanjang punggung dan leher.

Kanal Pengetahuan lainnya:  Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Pastikan ketika melakukan posisi ini, Moms dan Si Kecil harus bersentuhan dari dada ke dada.

2. Cross Cradle Position

Posisi menyusui yang benar lainnya adalah cross cradle position. Dr. Nia mengatakan posisi ini berlawanan dengan posisi cradle hold. Ketika menyusui menggunakan payudara kanan, maka ibu menggunakan tangan kiri untuk menopang bayi.

Posisi cross-cradle menggunakan lengan yang berlawanan untuk menopang bayi, dengan bagian belakang kepala dan leher bayi dipegang salah satu tangan Moms.

Sementara, tangan lainnya digunakan untuk menopang dan memposisikan payudara jika diperlukan. Dalam posisi ini, Moms dapat menuntun bayi dengan mudah menuju payudara ketika siap untuk menyusui.

3. Football Hold

Posisi menyusui ini dilakukan dengan mengapit bayi pada sisi tubuh ibu, tepatnya di bawah lengan. Sisi yang digunakan sama dengan sisi payudara untuk menyusui.

Kanal Pengetahuan lainnya:  Hobi Traveling Bisa Lanjut Terus Berkat digibank KTA, Kredit Cepat Cair yang Dijamin OJK

Selain itu, posisi menyusui yang benar ini juga cocok untuk bayi dengan berat badan lahir rendah, atau bayi yang mengalami kesulitan mengunci dengan pas saat menyusui.

4. Side Lying Position

Posisi ini dilakukan dengan Moms yang berbaring miring dan menghadap ke arah bayi, posisikan mulut bayi sejajar dengan puting. Moms dapat menggunakan bantal untuk sandaran punggung dan leher.

Posisi ini bisa menguntungkan bagi ibu yang telah menjalani operasi caesar, karena tidak menempatkan atau memberi berat pada daerah dada dan perut.

5. Laid Back Position

Laid back position dilakukan dengan bayi dalam posisi bayi tengkurap dan menyender di dada sambil mengangkang. Sementara, Moms berposisi duduk tegak atau dalam posisi craddle.

Christine Griffin, spesialis menyusui, mengatakan bahwa, posisi ini mendorong bayi untuk menemukan payudara Moms, membuka mulutnya lebar-lebar dan menggunakan lidahnya untuk menyusu.

Kanal Pengetahuan lainnya:  Mengapa Anda Harus Bergabung Ke Dalam Program Kopi Loyalty

Itulah tadi cara menyusui bayi yang benar agar proses menyusui selalu nyaman. Untuk menambah kenyamanan si Kecil gunakan popok Merries yang memiliki lapisan lapisan bersirkulasi. Berikan kenyamanan dengan popok Merries dan buat si Kecil tersenyum ceria.

 

Posisi Menyusui yang Nyaman untuk si Kecil

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.