Manfaat Niacinamide Untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit

Manfaat Niacinamide Untuk Kulit

Bagi orang awam, istilah Niacinamide (Niasinamida) mungkin masih asing. Namun jika disebutkan istilah Vitamin B barangkali masih bisa paham. Nah niacinamide itu merupakan bentuk dari Vitamin B3 (Niacin). Dan salah satu manfaat niacinamide atau Vitamin B3 adalah untuk mengatasi masalah kulit.

Manfaat Niacinamide Untuk Kulit

Niacinamide adalah suatu amida dari asam nikotinat, yang juga dikenal sebagai nikotinamida dan nikotinik amida yaitu vitamin yang sangat larut dalam air dan bagian dari kelompok vitamin B. Seperti kita ketahui bahwa Vitamin B merupakan salah satu dari 8 (delapan) vitamin dan Niacin adalah Vitamin B3. Sedangkan Niacinamide mengacu pada bentuk Niacin yang aktif secara biologis.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa Niacinamide atau Vitamin B3 telah terbukti mampu mengurangi pigmentasi kulit dan untuk meningkatkan biosintesis lipid di lapisan korneum, maka banyak digunakan dalam kosmetik maupun produk perawatan kulit untuk mengatasi masalah kulit, seperti jerawat, keriput, rosacea, mempromosikan kesehatan kulit, dan memberikan manfaat anti inflamasi.

Niacinamide dikenal juga memiliki efektivitas pada kulit pucat, kerutan, dan bintik-bintik hiperpigmentasi pada penuaan kulit, karena memiliki fungsi ebagai prekursor untuk kelompok enzim endogen co-faktor, khususnya nicotinamide adenin dinukleotida (NAD), turunannya mengalami fosforilasi (NADP), dan mengurangi bentuk (NADH, NADPH) yang terlibat dalam reaksi enzimatik di kulit, sehingga memiliki potensi untuk mempengaruhi banyaknya proses di kulit.

Baca juga:  Memilih Perusahaan Asuransi Jiwa Yang Tepat

Niacinamide Dalam Kosmetik dan Skincare

Pengertian kosmetik menurut BPOM adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ genital bagian luar), atau gigi dan membran mukosa mulut, terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan, dan/atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik. (Peraturan Kepala Badan POM RI Nomor 19 Tahun 2015)

Sedangkan pengertian skincare adalah penggunaan rangkaian produk untuk merawat kebersihan dan kesehatan kulit yang dapat memberikan efek ke depan. Berbeda dengan kosmetik yang memberikan efek instan atau langsung dapat terlihat, skincare akan terlihat hasilnya setelah pemakaian yang rutin, tidak langsung.

Kosmetik dan Skincare merupakan upaya untuk menjaga kesehatan kulit baik itu kulit wajah maupun kulit tubuh. Oleh karena banyak produsen kosmetik dan skincare menambahkan Niacinamide yang terbukti ampuh untuk mengatasi masalah kulit.

Baca juga:  Belajar Penggunaan Whose Bersama EF

Beberapa manfaat Niacinamide atau Vitamin B3 bagi kesehatan da perawatan kulit, antara lain:

1. Mengurangi Risiko Munculnya Kerutan dan Jerawat

Niacinamide dapat menstimulasi produksi kolagen dalam tubuh agar dapat membuat kulit tetap elastis dan sehat, sehingga ampuh untuk meminimalkan risiko munculnya jerawat dan kerutan pada kulit. Niacinamide dapat bekerja sebagai anti kerut atau antiaging dengan cara meningkatkan produksi fibroblast untuk merangsang sintesis kolagen yang dapat mengurangi munculnya kerutan pada kulit wajah, dan mengurangi kelebihan produksi glikosaminoglikan pada kulit yang merupakan ciri khas dari penuaan atau kerutan pada kulit

Selain itu, vitamin B3 dapat melindungi kulit dari sinar matahari, polusi udara, dan paparan zat-zat kimia lainnya. Bahkan kosmetik yang mengandung Niacinamide dapat menghapus noda gelap di wajah dan menyamaratakan warna kulit wajah.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Asupan vitamin B3 atau Niacinamide yang didapat tubuh dapat memenuhi nutrisi sel-sel langerhans yang berfungsi menangkal bahaya sinar matahari. Niacinamide juga memberikan efek pencerah pada kulit, membantu mencegah masuknya sinar UV terhadap kulit, antimikroba dan anti inflamsi.

Baca juga:  Kenal Lebih Dekat dengan Asuransi Jiwa

Sebagai pencerah kulit, Niacinamide bekerja dengan cara menghambat transfer melanosom, dari melanosit ke keratinosid yang menyebabkan pengurangan hiperpigmentasi kulit. Selain dapat membuat kulit tampil lebih menarik dan glowing, juga risiko kulit kusam, kanker kulit, dan penuaan dini dapat diminimalkan. Oleh sebab itu vitamin B3 sering dijadikan salah satu bahan dasar produk perawatan kulit.

3. Meminimalkan Risiko Kanker Kulit

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa Niacinamide memiliki peran penting dalam meminimalkan risiko kanker. Niacinamide atau jenis vitamin B3 dapat menekan perkembangan Basal Cell Carcinoma (BCC) dan Squamous Cell Carcinoma (SCC) penyebab kanker kulit non-melanoma.

4. Mengontrol Kadar Minyak pada Kulit

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Vitamin B3 atau niasin adalah salah satu komponen penting pada lipid (lapisan pelindung yang berfungsi menjaga kelembapan kulit. Jika kondisi lipid pada kulit senantiasa prima, maka kulitmu akan selalu lembap tanpa terganggu oleh kadar minyak yang berlebihan. Dengan kata lain, manfaat Niacinamide untuk kulit adalah mengontrol kadar minyak.

Manfaat Niacinamide Untuk Kesehatan dan Perawatan Kulit

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *