Ketahui Syarat & Ketentuan Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Tanya Veronika Asisten Virtual

Tanya Veronika Asisten Virtual merupakan layanan digital dari Telkomsel yang berbasis chatting melalui aplikasi pesan instan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan Telkomsel. Seperti halnya sebuah layanan, secara umum untuk menggunakan layanan tersebut, tentu ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi dalam menggunakan layanan oleh pelanggan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Namun sebelum membahasnya, maka terlebih dahulu akan dijelaskan secara singkat apa itu Tanya Veronika, fungsi dan cara menggunakannya.

Tanya Veronika Asisten Virtual

Layanan Veronika sebagai Asisten Virtual Telkomsel adalah layanan yang dikelola oleh PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) yang diperuntukkan bagi pelanggan atau konsumen pengguna kartu seluler Telkomsel agar dapat menyampaikan permintaan, pengaduan dan mengetahui informasi seputar layanan Telkomsel seperti mengecek sisa kuota Internet, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, pembelian paket, atau informasi lainnya seputar produk dan layanan Telkomsel.

Layanan Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel dapat digunakan oleh seluruh pelanggan yang menggunakan berbagai jenis Produk Telkomsel, kecuali pelanggan kartuHalo corporate dan nomor tambahan. Untuk dapat mengakses layanan Virtual Assistant Telkomsel, Pelanggan dapat mengakses di beberapa platform pesan instan, aplikasi dan website.

PT Telekomunikasi Seluler merupakan sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia yang didirikan pada 26 Mei 1995 di Jakarta ini terus mengembangkan dan meningkatkan pelayanan pelanggan dalam berinteraksi dengan perusahaan. Salah satunya adalah dengan meluncurkan layanan chatbot (chatterbot).

Saat pertama kali digunakan, chatbot Telkomsel dikenal dengan nama VERONiCA (Voice Response and Info Care) yaitu mesin penjawab otomatis, yang berfungsi pada saat setiap panggilan masuk tidak terjawab pada nomor tujuan maupun informasi lainnya.

Namun saat aplikasi pesan instan mulai marak, maka fungsi VERONiCA semakin ditingkatkan dan bertransformasi sebagai asisten virtual, termasuk juga dengan mengganti nama VERONiCA menjadi VERONIKA agar lebih “manusiawi” sejak 27 Agustus 2017. Peran chatbot Veronika bukan hanya sebagai mesin penjawab otomatis, namun juga menjadi chatbot layanan untuk Tanya Veronika Asisten Virtual yang dapat berinteraksi secara langsung melalui platform social chat yaitu Facebook Massanger, Line dan Telegram.

Seiring perkembangan, pihak Telkomsel menghadirkan layanan virtual Veronika di kanal lainnya yaitu WhatsApp, MyTelkomsel dan Website resmi Telkomsel. Dengan demikian, ada banyak kanal yang bisa digunakan untuk menyapa Veronika Telkomsel.

Jenis, Fitur dan Fungsi Layanan Tanya Asisten Virtual Telkomsel

Setidaknya saat ini terdapat 29 layanan dalam layanan Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel yang ada, antara lain:

1. Frequently Asked Questions (FAQ)

  • Dynamic FAQ: FAQ di Telkomsel.com/support
  • Troubleshooting otomatis: internet tidak bisa koneksi
  • Informasi cara upgrade 4G
  • Informasi voucher

2. Katalog Paket (paket internet, voice, SMS)

  • Informasi Syarat dan ketentuan paket
  • Informasi hot offer paket
  • Pembelian/berlangganan paket
  • Gifting paket
  • Bayar tagihan pascabayar teman
  • Isi pulsa teman
  • Beli voucher games (steam, gemscool, garena dan soon Mobile Legend)

3. Melihat Profil

  • Informasi berlangganan paket
  • Informasi sisa pulsa
  • Informasi histori pengisian pulsa 3 periode terakhir
  • Informasi sisa kuota paket aktif
  • Informasi jumlah tagihan berjalan dan informasi tagihan bulan lalu (outstanding)
  • Informasi price plan
  • Informasi PUK
  • Informasi PIN TCare
  • Informasi histori pembayaran tagihan
  • Kirim ulang ebill 3 periode terakhir
  • Registrasi dan mengubah alamat e-bill

4. Bantuan Lainnya

  • Informasi lokasi GraPARI terderkat
  • Informasi alamat dan jam operasional GraPARI
  • Reservasi nomer antrian GraPARI
  • Informasi lokasi counter terdekat
  • Kontak Live Agent
  • Video call untuk GraPARI Virtual (hanya tersedia di GraPARI)

5. Informasi dan tukar POIN

6. Informasi T-Cash

7. Isi ulang pulsa untuk prabayar

  • Isi ulang pulsa menggunakan Mandiri KlikPay
  • Isi ulang pulsa menggunakan PermataNet
  • Isi ulang pulsa menggunakan TCash
  • Isi ulang pulsa menggunakan kartu kredit

8. Bayar tagihan untuk pascabayar

  • Bayar tagihan menggunakan Mandiri KlikPay
  • Bayar tagihan menggunakan PermataNet
  • Bayar tagihan menggunakan TCash
  • Bayar tagihan menggunakan kartu kredit

Akses Tanya Veronika Asisten Virtual

Ayo! Tanya Veronika untuk mengetahui produk dan layanan Telkomsel. Asisten virtual ini dapat sebagai pemenuhan kebutuhan pelanggan atas informasi yang diinginkan terhadap produk dan layanan Telkomsel melalui aplikasi online tanpa harus datang ke kantor GraPARI.

Akses Asisten Virtual Veronika

Saat ini akses untuk tanya Veronika asisten virtual Telkomsel dapat melalui

1. Aplikasi Facebook Messenger Telkomsel

Facebook Messenger merupakan salah satu akses untuk berkomunikasi secara virtual dengan Veronika. Aplikasi dan platform perpesanan Amerika yang dikembangkan oleh Facebook, Inc. Awalnya dikembangkan sebagai Obrolan Facebook pada tahun 2008 dan mengubah layanan perpesanannya pada tahun 2010. Facebook Messenger  cukup populer pada saat itu sehingga Telkomsel memanfaatkan sebagai akses untuk tanya Veronika asisten virtual Telkomsel pada 2017.

Veronika asisten virtual hadir di Facebook Messenger (Telkomsel) melalui aplikasi maupun website. Untuk memulai, buka Facebook Messenger via hape atau website dan sapa Veronika dengan kata “Hai” atau “Halo” dan sampaikan kebutuhan yang diinginkan. Ikuti langkah demi langkah yang disampaikan di kolom chat.

2. Aplikasi WhatsApp Telkomsel 

Layanan WhatsApp (WA) tentu sudah tidak asing untuk saat ini karena dipakai oleh hampir semua pengguna smartphone android maupun iOs. Pelanggan Telkomsel dapat Tanya Veronika Asisten Virtual melalui Chat di WhatsApp dengan nomer Telkomsel yang telah disediakan, yaitu di nomor 0811-1111-1111.

Cara akses: Buka aplikasi WAn dan sapa dengan kata “Hai” atau “Halo”. Kemudian Veronika akan membalas dan menanyakan apa yang ingin ditanyakan. Bagi pelanggan Telkomsel pascabayar, Veronika juga bisa memberikan detail informasi mengenai tagihan yang belum terbayar, tanggal tenggat, hingga batas penggunaan.

3. Aplikasi Telegram Telkomsel

Aplikasi chatting Telegram ini memiliki karakteristik mirip dengan WhatsApp, bahkan sebagian penggunanya mengatakan ada keunggulan dibandingkan WhatsApp, misalnya lebih cepat, file kecil, punya fitur Bot, menampung file besar dan banyak grup, dan lain sebagainya. Oleh karena itu Veronika dapat diakses melalui aplikasi ini karena aplikasi Telegram ini makin masif di gunakan di masyarakat dalam beberapa tahun terakhir.

Cara menggunakan, saat berada di halaman Telegram Telkomsel Care (@telkomsel_official_bot) tinggal tekan tombol “start” yang ada di bawah. Selanjutnya bisa ikuti langkah-langkah yang ditampilkan di layar.

4. Aplikasi LINE Telkomsel

Aplikasi LINE digunakan sebagai pilihan akses untuk berkomunikasi dengan Veronika. Sebagai informasi, menurut Kompas.com, pada tahun 2017 ada sekitar 90 juta netizen Indonesia menggunakan layanan chatting asal Jepang ini, terutama dari kalangan remaja. Kabarnya, angka ini hampir mengejar pengguna Facebook.

Menghubungi Veronika melalui aplikasi pesan instan LINE dengan akun @Telkomsel. Langkah-langkah dalam berkomunikasi dengan Veronika melalui LINE kurang lebih sama persis dengan langkah WhatsApp, Telegram, maupun Facebook Messenger. Sampaikan kebutuhan kepada Veronika melalui kolom chat.

5. Layanan Veronika di Aplikasi MyTelkomsel

Veronika hadir di aplikasi MyTelkomsel untuk smartphone yang dapat diunduh di App Store untuk platform iOS atau google Play Store untuk platform android. Aplikasi self-service dari Telkomsel ini akan memberikan user experience yang baru dan mudah untuk pelanggan Telkomsel. Anda dapat isi pulsa atau bayar tagihan, mencari dan Aktivasi paket, cek dan tukar poin dengan langkah yang sangat mudah.

Untuk dapat melakukan percakapan dengan Veronika, yang harus dilakukan adalah pilih “Menu” yang ada di kolom bawah. Setelah itu klik menu “Help Center”, pilih “Chat with Veronika”, yang selanjutnya akan dibawa ke halaman chat. Untuk memulai percakapan, ketik “Hai” atau “Halo”. Veronika akan menyapa dan memberikan kata kunci untuk berbagai kebutuhan, seperti Isi Pulsa, Beli Paket, Kirim Hadiah, dan lainnya.

6. Layanan Veronika di Situs Telkomsel

Selain aplikasi pesan instan, Tanya Veronika Asisten Virtual dapat diakses melalui situs resmi Telkomsel yaitu www.telkomsel.com. Selain untuk bertanya kepada Veronika, di website ini juga terdapat ulasan tentang Profil, Kontribusi, Inovasi, Investor, CSR, Karir, Media Telkomsel. Tidak ketinggalan ada juga Produk Telkomsel serta Blog yang berisi artikel-artikel menarik yang berhubungan dengan komunikasi.

Cara mengakses asisten virtual Telkomsel berikutnya bisa dilakukan dengan membuka situs resmi Telkomsel kemudian klik ikon Veronika yang ada di pojok kanan bawah. Pada saat klik logo tersebut, akan langsung dibawa ke menu chat. Tapi, sebelumnya Veronika akan menyapa dan menanyakan nama. Selanjutnya tinggal ikuti langkah-langkah yang tertera di kolom chat.

Syarat dan Ketentuan Layanan Veronika Telkomsel

Syarat dan ketentuan ini merupakan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ketentuan umum Produk dan/atau jasa dari Layanan Telkomsel. Untuk itu dihimbau kepada pelanggan untuk membaca juga secara berkala “Syarat dan Ketentuan Penggunaan Produk dan/atau Jasa Telkomsel” sebelum mengakses Layanan asisten virtual Telkomsel.

Dalam menggunakan layanan Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel, Pelanggan tidak diperkenankan untuk:

  1. Menggunakan bahasa kasar, berbau pornografi, vulgar dan tidak etis dalam berkomunikasi menggunakan Layanan Veronika Asisten Telkomsel;
  2. Merusak nama baik, mengancam, menghina, atau melecehkan orang atau badan lain;
  3. Melakukan Spamming kepada Layanan Asisten Virtual Telkomsel;
  4. Mengeluarkan pernyataan yang memicu konflik terhadap SARA (Suku, Agama, dan Ras);
  5. Melakukan pelanggaran keamanan layanan Asisten Virtual Telkomsel;
  6. Mengirimkan gambar, video, audio, link tautan, dan/atau dokumen tanpa seizin dari pemegang hak kekayaan intelektual yang bersangkutan;
  7. Mengirimkan gambar, video, audio, link tautan, dan/atau dokumen yang termasuk dalam kategori pornografi;
  8. Melakukan illegal akses ke dalam Layanan Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel;
  9. Memberikan informasi palsu yang berdampak pada kerugian pihak lain;
  10. Serta melakukan hal-hal lain yang bertentangan dengan hukum nilai-nilai yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Telkomsel akan senantiasa melakukan penyesuaian terhadap dinamika bisnis yang memungkinkan berdampak pada perubahan syarat dan ketentuan ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Pelanggan harus memahami dan menyetujui bahwa setiap pelanggaran yang terjadi dalam menggunakan Layanan Virtual Assistant Telkomsel dapat berakibat pada tanggungjawab pribadi baik pidana dan/atau perdata, sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Penghentian dan pemblokiran terhadap Layanan Tanya Veronika Asisten Virtual

  1. Jika Anda memberikan informasi yang tidak benar, tidak tepat, tidak lengkap, tidak akurat, maka Telkomsel berhak untuk menangguhkan atau menghentikan akses atau pemakaian anda terhadap Layanan.
  2. Segala pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini dapat berakibat kepada dihentikannya akses Anda atas layanan yang disediakan oleh Telkomsel.
  3. Penangguhan atau penghentian layanan tidak dapat dijadikan alasan oleh Pelanggan untuk tidak melakukan pembayaran atas layanan yang telah dipergunakannya, Pelanggan akan bertanggung jawab sepenuhnya untuk semua biaya yang dikenakan atas seluruh layanan yang dipergunakannya.

Syarat dan Ketentuan yang termuat dalam Situs ini sepenuhnya tunduk pada dan ditafsirkan berdasarkan hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Untuk pertanyaan seputar produk dan layanan Tanya Veronika Asisten Virtual dan layanan Telkomsel lainnya silahkan menghubungi call center 24 jam di 188, GraPARI terdekat, email [email protected], juga akun media sosial Facebook fan page Telkomsel, Twitter @telkomsel, dan Instagram @telkomsel.

PT Telekomunikasi Seluler (TELKOMSEL)

Telkomsel Digital

Telkomsel akan terus meningkatkan bisnis layanan digital secara lebih cepat melalui inovasi dan kerjasama pengembangan ekosistem digital di Indonesia. Hal ini merupakan komitmen Telkomsel dalam upaya bertransformasi menjadi digital telco company dalam membangun digital Indonesia.

PT Telkomsel memberikan pengalaman mobile digital lifestyle terbaik kepada para penggunanya melalui GraPARI Virtual untuk menjawab berbagai permintaan informasi seputar produk dan layanan dari pelanggan kapan pun dan di mana pun.

Visi Telkomsel: Menjadi penyedia layanan dan solusi gaya hidup digital mobile kelas dunia yang terpercaya.

Misi Telkomsel: Memberikan layanan dan solusi digital mobile yang melebihi ekspektasi para pengguna, menciptakan nilai lebih bagi para pemegang saham serta mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa.

Kantor Pusat Jakarta: Telkomsel Smart Office. Telkom Landmark Tower. Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 52. Jakarta Selatan 12710.

 

Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *