Ketahui Inilah Penyebab Transmisi CVT Mobil Rusak

Penyebab Transmisi CVT Mobil Rusak

Memiliki mobil yang dilengkapi dengan fitur transmisi CVT tentu saja memang akan terasa nikmat serta nyaman. Namun jika transmisi CVT tersebut mengalami rusak, tentu saja membuat kita sendiri sebagai pengendara yang mengalami kesusahan.

Termasuk juga hampir semua mobil yang dijual di pasaran sekarang ini sudah dilengkapi dengan sistem transmisi CVT. Alasan kenapa transmisi CVT yang rusak membuat pengendara menjadi kesal adalah karena biaya perbaikan yang cukup tinggi.

Bahkan ada beberapa bengkel yang cenderung menyarankan untuk mengganti satu unit CVT utuh saja daripada melakukan perbaikan supaya masalah transmisi CVT yang rusak bisa teratasi dengan cepat.

Memahami Cara Kerja Dari Transmisi CVT Mobil

Cara mengetahui transmisi CVT mobil yang rusak pertama tentu saja anda harus memahami terlebih dulu cara kerja dari transmisi CVT mobil.

Dimana cara kerja dari sistem transmisi CVT yang menggunakan 2 buah puli kemudian diputar, kedua puli ini yang memiliki tugas guna membesarkan dan juga mengecilkan rasio agar sesuai dengan tenaga yang nantinya disalurkan ke perputaran roda.

Jadi anda harus mengingat jika anda tidak bisa merasakan hentakan ketika transmisi CVT ini bekerja bersamaan laju mobil. Ciri khas dari transmisi CVT sendiri ialah mampu menghasilkan perputaran mesin yang tetap rendah walaupun mobil bergerak semakin cepat.

Misalnya saja ketika anda memiliki mobil Suzuki dengan sistem transmisi CVT. Ketika mobil melaju dengan kecepatan diatas 100 km/jam, putaran mesin yang dihasilkan hanya 2000 rpm.

Karena itu tidak heran jika konsumsi dari BBM tetap hemat walaupun mobil melaju dengan kencang. Bisa dibilang CVT tidak mengizinkan mesin untuk berputar dengan kecepatan tinggi yang mengakibatkan konsumsi BBM menjadi boros.

Fungsi Dan Arti Huruf Pada Transmisi CVT Mobil

Di sistem transmisi CVT pada mobil matic, tentu saja anda dapat melihat barisan dari huruf serta angka yang menjadi indikasi dan gambaran dari gigi serta laju mobil.

Setidaknya ada beberapa huruf seperti P,R,N,D,L. P sendiri adalah Park yang menjadi indikasi jika mobil dalam keadaan parkir.

Apabila tuas dari CVT mengarah tanda P, maka mobil terkunci dan tidak dapat dikemudikan serta didorong. Posisi tuas P ini juga bisa digunakan utnuk menghidupkan kondisi mesin mobil.

Sementara untuk posisi R atau reverse sendiri adalah indikasi dari mobil yang digerakan mundur ke belakang. Sementara untuk posisi N adalah posisi netral dimana roda mobil bebas.

Selanjutnya ada juga posisi D yang menjadi langkah awal saat kendaraan akan bergerak pertama kali, sementara posisi 2/S berfungsi saat mobil sedang bergerak di jalanan yang berkelok-kelok seperti pegunungan.

Penyebab Transmisi CVT Rusak

Nah diatas sudah kita bahas betapa pentingnya sistem transmisi CVT pada mobil. Untuk itu, tentu saja anda harus tahu beberapa penyebab dari transmisi CVT mobil yang rusak. Nah berikut dibawah ini adalah beberapa penyebabnya.

Mengemudi Dengan Kasar

Hal pertama yang menjadi penyebab dari sistem transmisi CVT rusak adalah karena kebiasaan mengemudi dengan kasar.

Misalnya saja saat anda memindahkan gigi dengan cepat serta mengemudi dengan agresif sehingga menjadi penyebab utama dari kerusakan.

Untuk itu lebih baik ketika anda berkendara, lakukanlah dengan halus dan juga santai. Cara ini juga direkomendasikan supaya sistem transmisi CVT mobil dapat lebih awet dan tidak mudah rusak.

Mengoper Gigi Dengan Cara Yang Salah

Penyebab berikutnya dari sistem transmisi CVT yang rusak adalah karena kebiasaan mengoper gigi dengan cara yang salah.

Misalnya saja adalah saat berkendara dengan memindahkan gigi dengan tidak diikuti injakan pedal rem saat ingin berjalan.

Cara berkendara dengan mengoper gigi agresif tersebut jika dibiarkan secara terus menerus tentu saja dapat membuat sistem transmisi dari CVT mobil menjadi mudah rusak, jadi sebisa mungkin anda harus menghindari gaya mengemudi ini.

Menggunakan Oli Yang Salah

Terakhir, penyebab dari sistem transmisi CVT mobil yang rusak adalah karena menggunakan oli yang salah.

Sebagai pemilik mobil tentu saja anda harus tahu jika oli yang dipakai pada sistem transmisi CVT tidak bisa asal sembarangan.

Karena oli yang seharusnya digunakan untuk CVT memang khusus oli CVT, tidak bisa menggunakan oli lainnya yang biasa digunakan untuk matik konvensional.

Kesalahan ini lah yang paling berpengaruh terhadap kerusakan pada sistem transmisi CVT nya dan anda bisa memperbaikinya di bengkel cabang Suzuki terdekat dibawah ini.

  1. Suzuki Duta Cendana Adimandiri, website : https://suzukidutacendana.co.id
  2. Suzuki Dwiperkasa Mobiltama, website : https://suzukidwiperkasa.co.id
  3. Suzuki Armada Perkasa Mobilindo, website : https://suzukiarmada.co.id

 

Ketahui Inilah Penyebab Transmisi CVT Mobil Rusak

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.