5 Cara Mencari Mobil Bekas Berkualitas Dengan Harga Terbaik

Mobil Bekas Berkualitas

Mobil merupakan salah satu jenis kendaraan yang diminati oleh banyak orang untuk menemani perjalanannya, baik untuk pergi ke kantor, pergi bersama keluarga, dan lainnya. Namun harganya yang terlalu tinggi seringkali membuat orang kesusahan beli mobil, oleh sebab itu, tak sedikit orang yang memilih untuk beli mobil bekas saja untuk mendapatkan mobil dengan harga yang murah.

Pasalnya tak sedikit mobil bekas yang masih memiliki tampilan dan performa yang bagus, sehingga tetap aman dan nyaman digunakan. Meski begitu, Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal saat beli mobil bekas agar tidak salah pilih mobil bekas.

5 Cara Mencari Mobil Bekas Berkualitas

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk beli mobil bekas, baik di dealer resmi apapun perseorangan. Berikut ini merupakan 5 cara mencari mobil bekas berkualitas dengan harga terbaik yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli mobil bekas yaitu dengan menyesuaikan budget yang dimiliki dengan harga mobil yang diinginkan. Dengan begini, Anda bisa menjaga kondisi finansial keuangan tetap baik dan tidak menyebabkan kantong kering. Apabila dana yang dimiliki terbatas, sebaiknya Anda memilih mobil bekas yang memiliki fitur standar namun tetap dalam kondisi masih bagus serta layak digunakan.

Untuk memudahkan proses beli mobil bekas, sebaiknya Anda tanyakan dulu pada diri Anda, mobil apa yang dibutuhkan? Jenis dan merk mobil apa yang diinginkan? Apakah Anda ingin mobil dengan desain eksterior yang keren dan berjiwa muda? Atau mementingkan interior mobil yang bisa terisi 7 penumpang?

Semua pertanyaan tersebut membantu Anda mengidentifikasi mobil yang dibutuhkan dan yang akan dibeli. Setelah itu, Anda bisa mencari informasi harga mobil bekas di internet dan sesuaikan dengan budget Anda. Jangan sampai Anda salah pilih mobil karena kurangnya persiapan.

2. Dokumen Lengkap dan Pajak Hidup

Saat beli mobil bekas, pastikan dokumennya lengkap dan dalam keadaan baik, seperti BPKB, STNK dan dokumen lainnya. Lebih baik tidak membeli mobil bekas jika dokumennya tidak lengkap, meskipun harganya tergolong murah. Karena hal tersebut bisa menyebabkan masalah di kemudian hari, dan tak menutup kemungkinan membuat Anda harus mengeluarkan biaya. Pasalnya, kendaraan yang tidak memiliki dokumen lengkap dinilai ilegal atau bodong, hal ini juga berkaitan dengan hukum.

Anda juga perlu memastikan jika BPKB mobil bekas tersebut tidak dijadikan sebagai jaminan bank, karena hal ini beresiko ditarik sewaktu-waktu oleh leasing.

Selain itu, pastikan pajak mobil tersebut masih hidup. Sebab apabila kendaraan Anda pilih pajaknya mati, maka Anda harus menanggung biaya pajak yang menunggak. Tentu saja ini akan menambah beban pengeluaran Anda nantinya.

3. Cek Mesin

Ketika beli mobil bekas, Anda juga perlu memperhatikan performa dan kualitas mesin mobil. Pasalnya hal ini akan berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan Anda ketika berkendara nanti. Anda bisa menghidupkan mesin mobil serta mendengar bunyi yang menyala, apabila mesin terdengar halus dan tidak kasar, itu menandakan mesin masih bagus.

Untuk memastikannya secara langsung, Anda juga bisa melakukan test drive atau uji coba. Cobalah untuk mengoper gigi, dan pastikan berjalan lancar. Anda juga bisa merasakan kondisi mobil ketika berjalan, apabila terasa berat dan cenderung berbelok ke kiri maupun kanan, sebaiknya Anda cari mobil yang lain.

Alangkah baiknya, Anda mencari mobil bekas yang sebelumnya rajin melakukan servis dan perawatan dengan benar.

4. Periksa Eksterior dan Interior Mobil

Meskipun bekas, namun tentunya Anda menginginkan tampilan mobil yang bagus dan keren bukan? Oleh sebab itu, sebelum membeli mobil bekas, Anda juga perlu memeriksa eksterior dan interior mobil, dan pastikan semuanya dalam keadaan baik dan utuh. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk memodifikasi atau memperbaiki interior dan eksterior mobil.

Adapun bagian eksterior yang perlu diperhatikan seperti cat mobil. Pastikan kondisi cat mobil dalam keadaan baik, tidak belang, cat body mobil merata serta permukaannya halus. Anda bisa melakukan pemeriksaan ini di luar ruangan ketika siang hari agar lebih jelas.

Sedangkan bagian interior mobil yang perlu diperhatikan yaitu kondisi jok, setir, kabin, plafon mobil dan lainnya. Pastikan keadaan di dalamnya baik, tidak ada yang pecah atau retak dan dalam kondisi bersih serta utuh.

5. Melakukan Perbandingan

Setelah melakukan pemeriksaan keseluruhan mobil, Anda jangan langsung membeli mobil tersebut. Anda bisa melakukan perbandingan terlebih dahulu dengan mobil bekas lainnya. Setelah itu, Anda bisa simpulkan keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sehingga Anda bisa mendapatkan mobil bekas berkualitas baik.

Anda juga bisa melakukan perbandingan harga. Pilihlah mobil bekas berkualitas baik dengan harga murah dan terjangkau. Jangan sampai Anda merasa rugi karena selisih harga yang besar dari penjual lainnya.

Itulah 5 hal yang perlu Anda perhatikan sebelum beli mobil bekas untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas tinggi dengan harga yang murah. Dengan begitu, anda bisa memiliki mobil untuk kebutuhan sehari-hari. Wujudkan mobil impian Anda dengan pendanaan dari Maybank Finance.

Maybank Finance merupakan perusahaan multifinance yang menyediakan berbagai layanan pinjaman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Anda akan mendapatkan kemudahan pengajuan pinjaman dengan berbagai fasilitas kredit yang beragam dan bunga ringan.

Pasalnya, Maybank Finance memprioritaskan kemudahan pinjaman dan pelayanan untuk masyarakat. Ayo gunakan Maybank Finance sekarang juga!

Referensi:

  • https://maybankfinance.co.id/artikel/mobil-bekas-murah
  • https://www.oto.com/tips-mobil/sebelum-membeli-mobil-bekas-perhatikan-5-hal-berikut?amp=1
  • https://www.cermati.com/artikel/amp/7-tips-memilih-mobil-bekas-yang-berkualitas
  • https://pituluik.com/tips-beli-mobil-bekas/?amp=1

 

5 Cara Mencari Mobil Bekas Berkualitas Dengan Harga Terbaik

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.