Menjadi Seorang Manajer Yang Baik

Seorang Manajer Yang Baik

Dalam sebuah bisnis, meskipun berskala besar atau masih dalam tahapan startup, kedudukan manajer sangat urgent. Meskipun mungkin Anda sedang menjalankan bisnis Anda sendiri, namun posisi manajer tetap diperlukan meski tidak secara langsung. Jika Anda bekerja sendiri dan menjalankan bisnis sendiri, maka Anda sendirilah yang berfungsi dan berposisi sebagai seorang manajer.

Menjadi Seorang Manajer Yang Baik

Sebagai seorang manajer, Anda tidak bisa bertindak seenak hati terkait dengan bisnis yang dikelola. Anda harus berpikir jauh ke depan bagaimana mengembangkan bisnis agar lebih besar dan semakin maju. Untuk menjadikan bisnis bisa berkembang dan maju, manajer akan berperan penting di dalam proses tersebut. Untuk menjadi seorang manajer yang baik, coba beberapa cara di bawah ini.

Kanal Pengetahuan lainnya:  Pengertian Kantor dan Manajemen Perkantoran

1. Jadilah Seorang Motivator

Ini berlaku baik bagi karyawan Anda atau juga bisa berlaku untuk Anda sendiri. Jadilah seorang yang pandai memotivasi baik diri maupun orang lain.

Motivasi sangat penting untuk tetap memberikan semangat pada orang lain maupun bagi diri sendiri. Terlebih dalam dunia bisnis dengan tingkat persaingan yang sangat ketat. Pandai-pandailah memotivasi diri untuk menghadapi setiap hambatan yang mungkin ditemukan.

2. Pandailah Membangun Komunikasi

Komunikasi adalah hal utama dalam membangun sebuah bisnis. Demikian halnya dengan mengelola sebuah bisnis. Tidak bisa tidak, Anda harus mampu mengkomunikasikan berbagai keadaan yang sedang dialami oleh bisnis kepada setiap orang. Baik dengan karyawan, maupun dengan konsumen Anda.

Kanal Pengetahuan lainnya:  Efektivitas Perilaku Organisasi

Dan yang utama sebagai seorang manajer adalah bagaimana Anda menyampaikan tujuan dan visi perusahaan ke depan kepada semua orang yang Anda pimpin.

3. Mampu Mengelola Waktu Dengan Baik

Waktu adalah uang adalah ungkapan yang tepat untuk digunakan dalam mengelola sebuah bisnis. Anda tidak akan pernah bisa bergerak dan maju ketika Anda tidak mampu mengelola waktu saat menjalankan bisnis.

Ketika Anda mampu mengelola waktu dengan baik, maka pekerjaan dalam bisnis pasti akan bisa dijalankan dengan efektif dan efisien. Efektivitas dalam bisnis adalah hal mutlak yang diperlukan untuk proses peningkatan keuntungan tentunya.

4. Mampu Mengelola Keuangan

Karena bisnis selalu berkaitan dengan uang, maka yang Anda butuhkan sebagai seorang manajer adalah kemampuan dalam mengelola keuangan bisnis.

Kanal Pengetahuan lainnya:  Menjadi Bawahan Yang Terampil dan Berani

Ini penting sekali, memang dalam sebuah perusahaan, bagian yang menangani keuangan ada sendiri, tapi kalau Anda tidak memahami seluk beluk keuangan, tentunya akan sulit mengetahui bagaimana arus keuangan dalam perusahaan.

Tambahan 5 Hal Untuk Menjadi Manajer Yang Baik

Oke sobat, itu adalah sebagian kecil cara yang bisa Anda lakukan untuk menjadi seorang manajer yang baik. Untuk menjadi manajer yang baik tidak mudah memang, namun dengan niat yang kuat disertai usaha yang maksimal, tidak menutup kemungkinan bagi Anda untuk bisa mencapainya, bahkan mungkin bisa lebih.

 

Menjadi Seorang Manajer Yang Baik

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *