Saatnya Beralih Ke Customs Declaration Online

Customs Declaration Online

Declaration Online (CD) atau Deklarasi Pabean adalah formulir yang mencantumkan rincian barang yang diberikan kepada penumpang pesawat dari luar negeri. Lembar Customs Declaration ini menggambarkan barang bawaan yang dibawa oleh penumpang ketika akan memasuki wilayah pabean.

Customs Declaration  dibuat untuk mempermudah petugas bea cukai dalam menjaga dan melindungi masyarakat dari barang-barang yang dilarang ataupun dibatasi untuk masuk ke Indonesia. Pada dasarnya setiap penumpang wajib menyampaikan setiap barang yang dibawa oleh mereka karena petugas bea cukai tidak dapat mengecek satu persatu barang bawaan penumpang. Baca Impor dan Ekspor Sementara Barang Bawaan Penumpang

Pada umumya penyampaian Customs Declaration ini masih menggunakan lembaran kertas yang isi secara manual (ditulis). Secara tidak langsung, hal ini mengakibatkan banyaknya kertas yang dipakai serta kerugian bagi para penumpang seperti lamanya antrean dalam mengisi Customs Declaration (jika di isi di bandara kedatangan).

Oleh karena itu, Bea Cukai Kualanamu International Airport Deli Serdang, Sumatera Utara menjadi sebagai pelopor memberikan inovasi yang lebih efektif dan efisien dengan membuat suatu sistem penyampaian Customs Declaration berbasis aplikasi dengan istilah Customs Declaration Online (CD-online) atau  CD-E (Customs Declaration – Elektronik) yang dapat digunakan di setiap smartphone para penumpang dan tersedia dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Dengan menggunakan CD-Online, para penumpang atau awak pesawat tidak perlu lagi bersusah payah untuk mengisi atau menulis pada form customs declaration, cukup dengan menggunakan gadget yang dimiliki, penumpang dapat mengisinya di manapun dan kapanpun pada hari yang sama sebelum penerbangan tiba di Bandara Internasional Kualanamu, sehingga sangat mudah untuk digunakan dan lebih praktis.

Penggunaan Customs Declaration Online (CD-Online)

Lantas bagaimana cara untuk menggunakan dan mengisi CD-Online? Secara singkat ada empat langkah yang harus dilakukan penumpang dalam menggunakan CD-Online yaitu mengisi data diri penumpang, mengisi data penerbangan, memilih jenis barang bawaan yang dibawa serta melakukan scan QR-Code yang diperoleh pada mesin scanner yang telah disediakan. Dan yang paling penting jangan lupa pastikan semua data yang diisi adalah sesuai dan benar.

Pertama, pengguna jasa harus terlebih dahulu mengakses halaman pengisian atau aplikasi CD-Online dengan membuka situs www.cusdes-kno.net atau mendownload aplikasinya pada Google Play atau Playtore Customs [email protected]

Kanal Pengetahuan

Sedangkan cara untuk pengisiannya penumpang diberi dua pilihan dengan menggunakan Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris. Pada menu home, dapat dibaca mengenai aturan pembawaan barang dari luar negeri ke dalam daerah pabean (Indonesia) dan hal-hal lain yang dapat mempermudah dalam pengisian CD-Online.

Selanjutnya pada menu identitas diharuskan untuk mengisi data pribadi penumpang secara lengkap dan benar, diharapkan untuk mengisi seluruh kolom pertanyaan yang tersedia, pastikan data yang diisi telah lengkap dan benar sebelum menuju halaman selanjutnya. Pada info penerbangan, diminta untuk mengisi data penerbangan penumpang sesuai kolom pertanyaan yang tersedia, pastikan data penerbangan yang diisi telah lengkap dan benar.

Langkah berikutnya, pada menu info barang bawaan, penumpang diharapkan membaca dengan teliti serta memahami setiap poin yang diuraikan. Jika penumpang membawa barang sesuai dengan kriteria yang diuraikan, maka berikan tanda contreng pada kolom Ya, jika tidak berikan tanda contreng pada kolom Tidak. Pastikan untuk mengisi setiap kolom uraian barang yang tertera pada halaman tersebut secara lengkap dan benar.

Selanjutnya, jika penumpang mengisi jawaban dengan Ya, maka diharapkan mengisi kolom detail barang yang diberitahukan sesuai dengan kolom yang tersedia dengan lengkap dan benar untuk menuju halaman selanjutnya. Jika telah mengisi seluruh rangkaian pertanyaan yang tersedia, maka akan muncul halaman pertanyaan untuk memastikan bahwa data yang diisi telah lengkap dan benar serta memastikan bahwa data pada Customs Declaration tersebut dipergunakan sebagaimana mestinya. Kalau penumpang sudah yakin, beri tanda contreng pada kolom yang tersedia dan klik selesai.

Setelah penumpang selesai mengisi seluruh rangkaian pertanyaan dan mengisi kolom pertanyaan maka akan muncul “QR-CODE”. Pastikan untuk mendownload QR-Code sebelum mengklik tombol selesai. QR-Code FEATURE yang didownload, akan secara otomatis tersimpan pada folder galeri/download pada handphone penumpang.

Ingat, ketika penumpang tiba di Bandara Internasional Kualanamu, tunjukkan QR-Code yang telah diperoleh kepada petugas Bea dan Cukai, dan petugas akan melakukan scan terhadap QR-Code dan data otomatis tersimpan pada database Bea Cukai. Penumpang juga dapat mengisi Customs Declaration dengan akses melalui Playstore Customs [email protected] KNO.

Penerapan CD-Online di Bandara Internasional Kualanamu ini memang harus diakui belum berjalan sempurna sesuai yang diharapkan. Kendala ini karena memang harus melibatkan stakeholder dan utamanya adalah maskapai penerbangan, karena mereka yang berhubungan langsung dengan penumpang. Kalau kebijakan (policy) dari maskapai tidak seirama tentang CD-Online untuk menyebar luaskan bahkan dalam tanda petik nanti menjadi sebuah kewajiban, pasti penyebarannya tidak akan bisa massif.

Melihat keuntungan atau hal positif dari penggunaan aplikasi CD-Online yang dibuat berdasarkan penyempurnaan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 203/PMK.04/2017 tanggal 27 Desember 2017 tentang “Ketentuan ekspor dan impor barang yang dibawa oleh penumpang dan awak sarana pengangkut” ini tentu perlu didukung oleh semua pihak sehingga dapat diimplementasikan bukan hanya di Bandara Internasional Kualanamu, tetapi di seluruh Indonesia.

 

Customs Declaration Online

Loading...

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *